Follow Us @nadiahasyir


Thursday, January 18, 2018

NGOPI CANTIK #04 BEAUTIESQUAD WITH LANGIT AMARAVATI BY NADIA HASYIR

Hi beauties!
Welcome to www.nadiahasyir.com!

Blog post kali ini aku akan menceritakan kembali ilmu yang aku dapatkan dari #NgopcanBS a.k.a Ngopi Cantik Beautiesquad Episode 4. Tepat di tanggal 13 Januari 2018 kemarin Beautiesquad menggelar ngopi cantik lagi, seperti sebelum-sebelumnya. Yup, kayak udah jadi kegiatan rutinan Beautiesquad bikin acara seperti ini. JAYALAH BEAUTIESQUAD! Yeay!

Kalau pada mau baca hasil Ngopi Cantik Episode 3 lalu, kamu bisa baca dulu di: Ngopi Cantik #03 Vina Eska Special Birthday Beautiesquad.


Ngopi cantik episode 4 lalu adalah belajar bareng-bareng tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Pemateri ngopcan kali ini adalah
Teh Langit Amaravati (Instagram: @langitamaravati). Tujuan dari edisi ini tentunya untuk increasing knowledge about blogging, supaya blog menjadi lebih informatif dan lebih baik. Kalau kamu mau tau apa aja sih tips-tipsnya, keep reading! 💋

Sebelum aku mulai, mumpung lagi bahas soal perbendaharaan kata nih. Demi kebaikan dan peningkatan kualitas tulisan aku di blogspot ini, menurut kalian:
1. Diantara produk yang paling aku suka adalah...
2. Diantara produk yang paling Nadia suka adalah...
Please leave a comment down below, kalian lebih suka aku menyebut diriku dengan kata "aku" atau nama aku "Nadia"? Semua demi kebaikan blog ini, hehe 😁

Thank you buat yang udah leave a comment, love you!

Baiklah, sekarang mari kita mulai masuk ke pembahasan.

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat blog menjadi lebih informatif. Tapi jangan khawatir, karena kalau kita melakukan sesuatu dengan cinta, semuanya akan sangat mudah.

Kalau aku bisa bilang, setelah mendapatkan banyak informasi dari ngopi cantik kali ini, yang bisa aku simpulkan adalah..

"If you wanna be a professional blogger, you need to love this world!" - Nadia's Quote

Aku rasa ini nggak hanya berlaku untuk blogging, semua hal dan semua jenis pekerjaan pastinya need to love that first!

TATA BAHASA adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, sebagai seorang blogger yang menyampaikan hal atau topik melalui tulisan, supaya tulisan banyak dibaca orang dan menarik perhatian, maka tata bahasa menjadi titik yang sangat sakral.

EJAAN
If you are an Indonesian, tentu setiap kata yang digunakan haruslah sesuai dengan ejaan yang merujuk kepada dua "kitab suci", yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa yang bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Adapun yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

Tapi ingat, karena blogging adalah hal yang dilakukan dengan santai, terutama blogging di dunia beauty, bahasa yang santai, karakter dan ciri khas dirimu tetaplah yang utama, seperti:

GAYA BERTUTUR
Nah, yang ingin semacam tentang bagaimana cara kita bertutur kata dalam menyampaikan opini, fakta, dan sebagainya. Gaya bertutur ini seni masing-masing setiap orang. Tergantung kepada, kamu orang yang santai, serius, atau humoris. Setiap orang tentu beda, misalnya: aku menggunakan kata "aku" untuk menyebut diriku. Blogger lain mungkin menyebut dirinya dengan sebutan "gue" atau nama mereka sendiri.

KENAPA TATA BAHASA PENTING?
Karena blogger adalah penulis.
Seorang penulis yang baik harus peduli dengan teknis penulisan.

Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tak harus paham ejaan

-Langit Amaravati-
(cinta banget sama kalimat ini fix!)

Nah sekarang,
PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR
Manfaatnya banyak loh gengs!
1. Kepentingan kredibilitas blogger sendiri. Kalau gaya bertutur dan penyampaian kamu sopan dan menyenangkan, nama kamu dan blog kamu menjadi baik di mata pembaca.
2. Pagerank. Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa satu diantara faktor penentu peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Diantaranya adalah ejaan/tata bahasa dan minim typo (waahh daebak! Ini nih yang aku kasih garis bawah, aku masih sering banget typo).
3. SEO. Kalau ada dua artikel membahas topik yang sama, mesin pencari akan memprioritaskan artikel untuk ditampilkan di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar (nah kaannnn.. Noted!).
4. Pembaca. Coba memposisikan diri sebagai pembaca. Kalau pembaca lebih paham ejaan yang tepat, membaca artikel yang penulisan ejaan salah kaprah atau asal bakalan males kan ngebacanya?
5. Monetisasi. Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan.
6. Lomba blog. Tata bahasa yang benar adalah salah satu poin penilaian.

PR nih..
1. Sering-sering menulis dengan cara yang benar, menganut kepada KBBI dan PUEBI 2016.
2. Jangan menyerah dan selalu semangat memperbaiki diri disetiap harimu..

Nadia punya quote lagi tentang ini:

Today! Be better than yesterday of you~ Nadia's Quote

INFO PENTING
KBBI dan PUEBI bisa kamu jumpai di toko buku. Hayoloh, jangan pada bilang nggak tau, karena waktu sekolah pastinya pada pernah donggg punya buku ini...

Kamu ternyata bisa nemuin KBBI dan PUEBI di link ini:

KBBI: Download
Unduh PUEBI: Download

Eits, ada pesan lagi nih..
Wah ternyata pesannya banyakkk.. 

1. Rajin baca-baca blog orang lain untuk referensi.
2. Do research, telaah apa yang kamu baca dan lihat.
3. Ketahui kreatifitas dan keunggulan dirimu.
4. Kenali sesuatu yang mau kamu bahas di blog dengan baik (misal kamu beauty creator, pahami betul produk yang mau kamu ulas).
5. Last but not least, anggap kamu sedang berbicara atau curhat dengan pembacamu, selama kamu menulis.


GOOD LUCK!

Mau mengenal Teh Langit Amaravati lebih dekat? Visit wisatakata.id yuk!
Jangan lupa follow Beautiesquad juga kalau kamu mau lebih dekat dengan member Beautiesquad (Instagram: @beautiesquad) 💋



Find me on:

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

4 comments: