Follow Us @nadiahasyir


Friday, February 2, 2018

[SAVING MONEY] Menjadi Full Time Mahasiswi yang Bisa Shopping Tiap Minggu by Nadia Hasyir

Hulaaa gengs!
Welcome to www.nadiahasyir.com
😀😀😀

Jum'at ini adalah jum'at pertama aku untuk topik
"Saving Money"

Berhubung masing awal nih, pemanasan dulu kali yaa..
Kali ini aku nggak dulu membahas tentang diskonan dan semacamnya begituh.
Melainkan aku akan menceritakan pengalaman aku selama menjadi mahasiswi yang selalu ga bisa ga ijo matanya, tiap tau ada produk bagus, lol!

Siap-siap, mau nostalgia ceritanya, hehe..


Sebelum aku mulai ceritanya, aku kasih waktu buat kamu ke dapur,
ambil cangkir atau mug favorit kamu, ambil bubuk sachet favorit kamu (bisa coffee, cocholate, green tea, milk, matcha, atau apapun deh). Bikin minum dulu intinya, hehe. Siapin snack juga boleh sambil baca tulisan aku 😁😁😁

***

Let the story begin! 😜

***

Tepatnya tidak sampai 6 tahun yang lalu. Mmmm, sekitar 5-6 tahun yang lalu lah. Aku yang awalnya seorang alumni sekolah menengah atas (SMA) mulai hijrah ke kota orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (re: kuliah).

Menjalani masa menjadi remaja tengah bisa dibilang adalah masa yang paling have fun. Tapi bukan perkara mudah. Fyi nya, based on my knowledge, remaja berdasarkan usia dan kemantangannya dibagi menjadi 3, yaitu: 1) remaja awal (ABG labil nan alay), 2) remaja tengah (masa transisi), dan 3) remaja akhir (menuju dewasa). Ketika aku berada di bangku kuliah, tentu aku sedang berada di masa remaja tengah yang hampir memasuki masa ketiga.

Menjadi mahasiswi adalah hal yang paling menyenangkan. Sejak mata terbuka hingga terpejam, yang dipikirkan hanyalah belajar dan mencari jati diri. Ingin rasanya diri ini kembali ke masa itu, hehe.
Seperti yang telah aku ucap sebelumnya, meskipun menjadi mahasiswi sangat menyenangkan, tapi hal tersebut bukan perkara mudah. Akan banyak sekali deadline tugas dan ujian yang menumpuk. Di kala itu, stress yang datang memang tidak seberat hari ini. Tapi aku tau satu hal, bahwa semua memiliki porsi masing-masing. Stress tugas yang aku alami dulu selama kuliah, mungkin hal yang sangat ringan jika dihadapi oleh aku yang ada di hari ini. Tapi tidak dengan aku yang dulu.





Sebagai perempuan, hal yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi stress selama kuliah, 
apalagi kalau bukan shopping? ya nggak?
Berani bilang enggak? Mana ada perempuan di muka bumi ini ngga suka shopping?

After do shopping tuh berasa induksi hormon endorphin terjadi sangat cepat. Rasa suntuk, sumpek, capek, gundah gulana akan tugas, belum lagi sebagai remaja yang memiliki sifat labil, punya masalah dengan teman, berantem sama pacar. Semua rasa negatif yang berkecamuk hilang seketika setelah shopping. Wk, oke agak lebay sih ini..

Shopping udah menjadi hal yang paling penting di list aku untuk menghilangkan aura negatif tadi.
Wkwk.. Berdasarkan pengalaman aku, aku punya beberapa cara yang bisa aku lakukan untuk bisa terus shopping TANPA ADA EMBEL-EMBEL HEDON!

CATET YAA! KAGAK HEDON!

Woyy! Santai mbakk. lol.

Yup. Selama kuliah mengejar gelar sarjana dulu, aku adalah perempuan yang almost seminggu sekali belanja. Entah belanja apa, yang penting belanja! Nah, dulu belum suka makeup tuh. Seorang Nadia di 5 tahun yang lalu hingga 2 tahun yang lalu adalah penggemar berat fashion!
Believe it or not, aku punya banyak sekali outfit yang harus selalu aku cocokkan dengan semua stuff outfit aku. Contoh nih, dari ujung kepala hingga kaki, semua yang aku kenakan harus senada warnanya. Terlebih lagi di setiap harinya aku, aku juga nggak akan mengenakan pakaian yang sama dalam satu minggu. Bahkan pernah di semester berapa gitu, outfit yang aku kenakan baru aku ulang lagi di minggu keempat. Wkwk. Jangan di hujat, itu dulu..

Waktu masih remaja...

Sebagai mahasiswi yang dapet kiriman uang dari ortu dengan jumlah yang pas-pas an, apalagi yang bisa dilakuin supaya niat shopping bisa terealisasi kalau enggak BERHEMAT?
Yap! Yang aku lakukan pertama kali tentu berhemat. Berhemat gimana?
Demi menjalankan tugas menjadi mahasiswi yang teladan (full time student), tentu aku nggak bisa dong ambil part time kerja dimana gitu buat nambah uang saku. Jelas semua itu akan mengganggu diriku selama belajar sebagai mahasiswi. Nah, yang bisa aku lakukan adalah berhemat dengan cara:

(ini mungkin akan ada beberapa orang yang nggak setuju dengan diriku atau bahkan menghujat)
(tapi yasudah lahh, toh itu dulu. I just wanna show you about the story of the old of me hehe)

  • Masak di kos-an demi pengiritan yanh haqiqi
  • Masak esktrim di kos-an demi pengiritan yang ekspress (makan tempe, terong, sambel)
  • Paling ekstrim, puasa senin kamis, haha..
Believe in me! Ketiga cara itu yang aku lakukan (terlalu sering) 
supaya di weekend aku bisa hangout, shopping, semau aku...

Yaaa, gimana yahh.. Daripada minta-minta ke orang tua, mending begitu kan..

Aku juga punya cara lain yang lebih normal dari ketiga hal di atas.
Caranya? JUALAN VIA ONLINE SHOP!

Siapa yang nggak kenal aku as reseller, supplier, or whatever you mention it.
Aku dulu pernah jadi reseller, dropshipper para olshop. Setiap sore COD an di depan kampus, atau kalau lagi jalan-jalan ke mall, COD di depan mall. Kemudian di 2 tahun terakhir sebelum aku pindah dari kota tempat aku belajar, Alhamdulillah udah bisa jadi supplier juga.

Selama aku menjalani bisnis itu, aku masih tetep dapet kucuran dana yang, yaaa cukup lah untuk makan seminggu dari orang tua. Nah, dari hasil aku jualan online itu, aku bisa shopping dan jalan-jalan tiap weekend.

Kok hobby banget sih jalan-jalan? Boros tau.

Mmmm.. I was thinking like, jalan-jalan itu termasuk reward untuk aku atas apa yang sudah aku lakukan di weekday. Semacam refreshing begitu. Kedua orang tuaku sering ajak aku jalan-jalan setiap weekend. Jadi nggak aneh kalau sampai saat ini, weekend, malam minggu, atau kalau nggak gitu, paling nggak ada satu atau dua hari dalam seminggu aku gunakan untuk jalan-jalan.

Ya tadi, sebagai reward untuk diriku yang hidup di weekday.

Kira-kira begitu sih cerita aku si anak yang gabisa lepas dari shopping di tiap minggunya.
Demi melancarkan aliran darah di otak untuk menyelesaikan misi mulia, lulus tepat waktu wkwk.

Nggak bermanfaat ya tipsnya?
Maaf deh ya 😔😔😔

Next post di hari jum'at, akan ada trick untuk Saving Money lagi dari aku,
See you!!!

Jangan lupa, di hari Sabtu besok aku akan memposting article dengan tema:
"My Colorful Life"
Mau tau tentang apa? 
Stay tune, bookmarked link blog aku atau follow blog ini biar nggak kelewatan yaaa.. 😗😗😗

Btw kamu udah tau belum sih?
Hari Kamis kemarin, aku mereview
Moisture Lipstick dari Viva Cosmetic.
Produknya keren deh, kamu pasti menyesal kalau nggak tau.


Find me on:
Instagram | YouTube

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

No comments:

Post a Comment