Follow Us @nadiahasyir


Tuesday, June 16, 2020

TIPS MENCERAHKAN KULIT | SCARLETT WHITENING | NADIA HASYIR


Halo teman-teman, assalamu’alaikum! 
Finally, ada kesempatan buat nulis lagi. Aku cukup sering dapat pertanyaan seputar bodycare. Terlebih beberapa hari belakangan ini banyak diteror sama beberapa teman melalui direct message Instagram tentang bodycare. Akhirnya aku memutuskan untuk menulis disini. Yep, aku akan berbagi TIPS MENCERAHKAN KULIT berdasarkan apa dan bagaimana upaya-upaya yang aku lakukan untuk mendapatkan kulit sehat sesuai dengan keinginanku. Jangan sampai terlewatkan ya, karena aku belum tahu apakah akan sering membahas tentang ini lagi. Semenjak punya baby, kesibukan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan sebelum menikah dulu a.k.a super sibuk dan produktif, lol. So, disimak baik-baik ya!


Kulit sehat itu genetik, tapi kalau tidak dirawat ya sama saja.
Seringkali aku dengar beberapa pernyataan dari orang-orang tentang fisik seseorang, seperti: kulitnya putih ya. Ah, pantas saja orang tuanya juga putih. Mancung ya hidungnya. Ah, pantas saja orang tuanya juga memiliki hidung mancung. Eits, yang mancung ini tentu bukanlah komentar untuk aku ya, fitnah! Hahaha. Berdasarkan bidang keilmuanku, setiap apa yang dianugerahi oleh Tuhan dari tubuh kita adalah bentuk turunan dari 50% ayah dan 50% ibu. Jadi, memiliki “kulit sehat” termasuk sifat yang diturunkan oleh kedua orang tua kita untuk kita. Meski diturunkan melalui genetik, untuk mendapatkan kulit sehat setiap saat perlu dipertahankan dan dimantain.

TIPS 1 (MENGHINDARI PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN KULIT)
Memakai pelindung diri dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Sebagai makhluk hidup yang hidupnya selalu berpindah tempat, kita nggak mungkin dong hanya berdiam diri di rumah terus-terus an? Selalu ada waktu beraktivitas diluar rumah dan terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari ke kulit bisa menyebabkan terjadinya pembentukan melanin, pigmen kulit hitam sebagai respon tubuh dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Nah, kita bisa mulai memakai pakaian yang tertutup dan menggunakan sunscreen di area-area tubuh yang tampak dan terpapar sinar matahari, seperti: wajah dan tangan.


TIPS 2 (MENGATASI PENYEBAB DAN MENGHINDARI KERUSAKAN KULIT)
Kita memang tidak bisa mengubah warna kulit asli kita (bisa sih, tapi yakin mau mengubah?), tapi kita bisa mengupayakan agar warna kulit kita kembali ke warna asli. Selain hiperpigmentasi, tanda kulit tidak sehat juga ditunjukkan melalui kulit kusam. Kulit yang kusam terbentuk karena terjadi penumpukan sel-sel kulit mati dan debu atau polusi yang menempel di kulit kita. Tips kedua dari aku untuk mendapatkan kulit sehat adalah memakai bodycare yang bisa membantu melepaskan kotoran dan sel kulit mati pada kulit kusam kita dan bodycare yang menutrisi kulit. Beberapa jenis bodycare yang biasa aku pakai untuk mendapatkan kulit sehat akan aku jelaskan sebentar lagi.

1. BODY SCRUB
Penumpukan sel-sel kulit mati yang terjadi karena ketidakmampuan sel yang mati tersebut untuk jatuh dan menjauh dari permukaan kulit (namanya juga sel mati, bos). Nah, dengan body scrub kita bisa membantu merontokkan semua dosa-dosa (a.k.a sel kulit mati dan kotoran di kulit). Salah satu rekomendasi body scrub yang belakangan ini rajin banget aku pakai adalah SCARLETT BODY SCRUB. Aku memakai varian Romansa, di dalam body scrub ini mengandung glutathione dan vitamin E yang dibutuhkan kulit untuk mencerahkan, melembabkan, dan menutrisi.

Desain kemasan. Scarlet Body Scrub Romansa ini dikemas dalam kemasan jar yang sizenya cukup besar. Detail sizenya aku kurang paham karena tidak ada informasi di kemasan. Didesain dengan warna dominan merah muda, putih, dan hitam, kemasannya girly sekali. Apalagi ada gambar bunga-bunganya juga yang membuat tampilannya sangat feminim. Karakterisasi produk. Warna body scrubnya putih. Di dalamnya terdapat buliran scrub yang menurut aku sizenya cukup besar dan tampak mata. Tapi menariknya, scrubnya ini halus dan tidak sakit ketika diapply.


Cara pemakaian. Untuk scrubbing aku biasanya memakai 2-3 hari perminggu. Cara pemakaiannya yaitu aku asal ambil saja body scrubnya dan aku baurkan ke seluruh area tubuh (kalau lagi me time dan punya banyak waktu, kalau nggak ada biasanya cuma tangan dan kaki, hehe), dalam keadaan tubuh kering dan belum basah oleh air. Didiamkan selama 2-3 menit.Setelah itu digosok secara perlahan dan bilas dengan air bersih kalau sudah.

Impression. Sejak aku rutin pakai body scrub, aku ketagihan buat nyoba produk ini itu. Sampai ketika aku nyoba Scarlett Body Scrub Romansa ini, dalam 2 minggu ada kali aku nggak ganti-ganti body scrub lagi. Wanginya itu enak, semerbak kayak parfum, lembut, kalem, dan bikin nyaman. Bukan wangi-wangi menyengat yang ngasal gitu. Butiran scrubnya di kulit aku pas, nggak kasar dan terasa kita lagi pakai scrub. Biasanya ada kan produk body scrub yang bahkan scrubnya pun tidak terasa. Jadi physical dan chemical treatmentnya dapet. Setelah dibilas yang paling terasa pertama kali tentu halusnya kulit akuuuhh.


2. SHOWER SCRUB
Nah, kalau shower scrub ini aku pakai untuk mandi (iyalah). Cara ini yang sering disepelekan orang-orang. Sebenarnya aku juga pengguna sabun batang, tapi sampai sekarang aku masih meyakini kalau sabun cair is the best, haha. Sabun cair mengenalkan aku tentang cara mandi yang asyik. Kita bisa bikin foam, memanjakan diri dan menghabiskan banyak waktu di kamar mandi, mengenali dan mencintai tubuh kita sendiri ya berkat sabun cair (kamu gitu juga, nggak?). 


Untuk mendapatkan kulit sehat teman-teman bisa pakai sabun cair jenis apapun. Tapi kalau aku, aku lebih memilih menggunakan sabun cair yang di dalamnya sudah ada scrubnya sekalian dan yang nggak bikin kulitku kering tentunya. Fun fact, meski kulit wajahku bertipe cenderung berminyak, tapi tidak dengan badanku. Nah, tipe sabun cair yang aku suka ini aku temukan di Scarlett Brightening Shower Scrub. Ada 3 varian, mango, cucumber, dan pomegranate. Pertama kali shower scrub yang aku coba adalah varian Pomegrante, asli kaget banget aromanya duhhhh. Mewah banget euyyy. Cinta pada pandangan pertama, aih. Shower scrub ini mengandung anti oksidan sekaligus bertindak sebagai eksfoliator untuk sel kulit mati kita. Last sensasion, untuk melembabkan dan menutrisi yang pasti. 

Deskripsi kemasan. Shower scrub ini dikemas dalam kemasan botol yang gendut gitu (penampilannya bisa dilihat langsung di foto ya). Volumenya 300ml, warna shower scrub ini mengikuti variannya, misalkan: ungu untuk pomegranate, hijau untuk cucumber, dan kuning untuk mango. Testurnya cair dan bening. Terdapat butiran scrub dengan berbagai macm warna yang memberikan nilai plus untuk keindahan mata memandang. 




Cara pemakaian. Aku biasanya memakai showerpuff untuk membentuk foam karena aku punya body scrub kan untuk eksfoliasi. Tapi kalau kalian pengen nyobain sensasi scrubbing pakai shower scrub ini, bisa langsung basuh badan menggunakan air dan diratakan aja shower scrubnya ke seluruh tubuh. Scrubbing bentar sampai butiran screbnya abis, baru dibilas air. However, meski aku memiliki body scrub, shower scrub ini tetap aku butuhkan untuk dipindahkan ke botol kecil dan dibawa traveling.  (2 in 1 skincare, sabun cair dan scrub di dalam satu produk). 

Impression. Wanginya bikin aku ketagihan mandi seriuusss. Kulitku jadi semakin sehat dan karena rajin pakai shower puff, bagian samping leher, siku, lutut, lengan tangan, dan kaki yang biasanya bertemankan kulit kusam dan gelap, percaya nggak percaya menghilang perlahan. Jadi lebih cerah gitu.

3. BODY LOTION
Kalau bodycare yang satu ini sih udah pasti dipakai dan diyakini oleh sejuta umat. Banyak banget kan body lotion yang mengklaim mencerahkan dan menyehatkan kulit. Aku juga collector body lotion. Mau percaya atau enggak, sejak aku pakai Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion varian charming, aku lebih focus pakai produk ini sebagai lotion pencerahku disbanding yang lain. Aku masih memakai serum untuk badan kok untuk sekedar melembabkan aja. Bedanya Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion dengan body lotion pada umumnya lumayan banyak. Beberapa hal yang aku temukan dari body lotion ini dan tidak aku temukan ditempat lain adalah:
  1. Memutihkan secara instan. Formula dari lotion ini tuh memberikan efek mencerahkan secara instan pada saat setelah pemakaian. Bukan bermaksud untuk fake finish gitu, tapi menurut aku dengan adanya efek seperti itu bisa memboost kepercayaan diri kita untuk tetep semangat berusaha menjaga kesehatan kulit gitu loh dengan makin rajin memakai lotion. Hasilnya juga nggak abu-abu kayak kalau kita lagi pakai foundation di kulit badan. Menurut aku sih lotion kayak gini akan jauh lebih bermanfaat dipakai dibandingkan pakai foundation atau concealer. Kenapa? Ya, karena kandungan dalam lotion juga memberikan nutrisi pada kulit untuk efek jangka panjang juga.
  2. Desain kemasannya safety dan volumenya ideal. Body lotion ini dikemas dalam kemasan botol yang pada bagian atasnya terdapat pump dan safety lock. Selain produknya tetap terjaga higienis di dalam, nggak bikin tumpah-tumpah juga. Satu botol berisi 300ml, nggak terlalu kecil dan nggak terlalu besar juga untuk ukuran body lotion.
  3. Impression. Lagi-lagi sih aku tertarik sama wanginya. Mirip parfum baccarat rouge 540 eau de gitu, guys yang varian charming.  Selain charming, ada juga varian romansa yang manfaatkan juga sama dengan charming. Bedanya ada di aroma dan warna aja sih. Over all aromanya enak banget.




Kalau untuk cara pemakaiannya sendiri, jujur aku terlanjur jatuh cinta sama tekstur serum badan karena lebih light. Tapi bagaimanapun, setiap produk pasti ada plus minus masing-masing, kan? Lotion cenderung agak thicky, tapi aku juga punya trick untuk memakai body lotion dengan cara yang asyik. Gimana? 

BACA DI: TIPS MEMAKAI BODY LOTION DENGAN CARA YANG ASIK, NO GREASY DAN NO THICKY! (COME SOON)

So, gimana TIPS MENCERAHKAN KULIT versi aku? Apakah kamu sudah tercerahkan hati dan pikirannya? Kalau ada pertanyaan bisa komen di bawah ya, nanti aku baca dan balas. Anyway, semua produk Scarlett yang aku pakai ini sudah terdaftar BPOM dan not animal tested ya, guys.

Scarlett lagi ada promo HARGA PAKET HEMAT. Setiap pembelian 5 item (IDR 300.000) akan dapat exclusive box + free gift! Kemarin waktu paketnya dateng aku juga dape exclusive boxnya. Lucu banget dan bisa dipakai lagi buat nyimpen barang-barang di rumah. Produknya juga di segel plastic dan bubble wrap penuh jadi aman banget dan nggak ada yang rusak sama sekali selama di perjalanan.


INFORMASI SCARLETT:

See you on the next one, ya.



1 comment:

  1. Aku udah coba juga 3 produknya Scarlett ini nad. Yg body scrubnya favoritku nih hehe

    ReplyDelete