Follow Us @nadiahasyir


Thursday, October 24, 2019

[REVIEW] 3ACT VC MELATONIN SERUM | NADIA HASYIR


Hallo, assalamu'alaikum mates. Gimana nih kabarnya? Semoga baik-baik aja dan sehat selalu ya. Oh ya mates, hari ini aku akan mengulas skincare jenis serum vitamin C loh. Sepertinya ini pertama kalinya aku benar-benar semangat mencoba serum vitamin C karena selain nyobain, aku juga sambil belajar sedikit-sedikit tentang apa dan bagaimana komponen dasar yang ada di dalam serum ini. Lumayan lah untuk mengasah otak, karena jujur saja setelah lulus, bacaan jurnal internasionalku tidak seintens ketika masih menjadi mahasiswa magister dulu hehe. Serum yang aku pakai adalah 3ACT VC MELATONIN SERUM. Serum vitamin C yang dikombinasikan dengan melatonin. Serum ini diformulasikan oleh Patented VC Capsule Technology sebagai anti aging. Kalau kamu penasaran dengan serum ini, keep scrolling ya mates!


INFORMASI PRODUK
3ACT VC Melatonin Serum. Dilihat dari namanya, kita sebenarnya sudah bisa mendeskripsikan fungsi dan manfaat dari serum ini. Serum ini mengandung vitamin C dan melatonin. Seperti yang sudah banyak kita tahu, vitamin C adalah jenis vitamin yang banyak digunakan sebagai bahan baku skincare. Vitamin C diketahui merupakan sumber anti oksidan yang cukup tinggi dan baik digunakan pada skincare sebagai anti penuaan dan dapat mencerahkan kulit. Sedangkan melatonin adalah suatu hormon yang bekerja membantu dalam meningkatkan kualitas tidur. Sebenarnya tubuh kita terdapat melatonin mates di dalamnya, akan tetapi melatonin ini ternyata juga telah banyak diproduksi dalam bentuk kapsul atau bentuk obat lainnya untuk dikonsumsi oleh penderita insomnia dan penyakit sejenis lainnya. Nah, kombinasi antara vitamin C dan melatonin di dalam serum ini harapannya bisa membantu para pengguna serum ini untuk mendapatkan 3 aksi, yaitu: improve wrinkle, anti aging, dan whitening.

DESAIN KEMASAN
Seperti skincare pada umumnya, serum ini dikemas dalam kemasan box berwarna putih dan coklat gold dengan beberapa informasi produk yang ditulis dalam bahasa korea. Kemudian serumnya dikemas di dalam botol. Kestabilan vitamin C sangat mudah terganggu. Vitamin C bersifat reaktif dan mudah bereaksi jika bersentuhan dengan logam atau terpapar panas dan sinar matahari. Oleh sebab itu, kemasan botol ini benar-benar didesain khusus supaya kandungan pada serum tidak terkena paparan sinar dan panas matahari. Nilai plus dari kemasannya, botol ini memiliki warna gold yang terlihat sangat mewah dengan perpaduan warna putih. Selain itu, tempat keluarnya produk berada dibagian atas botol berbentuk pump yang memberikan jaminan bahwa produk ini akan selalu higienis karena ketika kita mengeluarkan produknya, produk yang tersisa tetap berada di dalam dan tidak bersentuhan langsung dengan tangan kita atau udara luar. 


CARA PAKAI
Kocok dengan sempurna kemasan botol serum. Kalau aku pribadi prefer mengkocok secara horizontal. Setelah itu, buka tutup botol dan pencet pumpnya. Letakkan tanganmu di bawah lubang pump ya, biar produknya sampai dengan selamat ke tangan kamu, hehe. Aplikasikan ke seluruh wajah hingga leher. Aku suka mengaplikasikan dengan cara di tap-tap ke wajah kemudian diratakan dengan face roller.

BENTUK, TEKSTUR, AROMA, DAN WARNA
Serum ini memiliki bentuk cair. Teksturnya light, masih ada rasa lengket tapi menurut aku masih sangat ada ditingkat yang bisa ditoleransi. Kalau pertama kali dibuka, serum ini harus dikocok dulu, sebagai tanda bahwa serumnya sudah dikocok dengan sempurna, warna serum yang akan keluar adalah kuning bening. Sedangkan warna serum pada foto yang ada di bawah ini terlihat lebih coklat gelap karena pengocokan yang aku lakukan kurang sempurna.


Aroma yang dikeluarkan oleh serum ini kecium aroma wangi dari vitamin C seperti kulit jeruk. Tapi setelah diaplikasikan di kulit dan meresap dengan sempurna, aku hanya bisa mencium aroma mirip logam.

VITAMIN C DAN MELATONIN
Vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada di dalam serum ini 100% murni. Seperti yang aku bilang di atas, untuk menjaga kestabilan dari vitamin C, perusahaan 3ACT ini menggunakan secret technology untuk membuat vitamin C murni bisa sampai dengan selamat ke lapisan kulit dermis kita, yaitu dengan memberikan pelindung berupa dua layer kepada vitamin C ini. Layer pertama yang disebut layer primer memiliki struktur dengan daya afinitas tinggi yang memaksimalkan penyerapan serum ke kulit. Supaya vitamin C tidak rusak ditengah jalan, yaitu sebelum sampai ke kulit dengan selamat, layer kedua yang disebut layer sekunder berperan menjaga vitamin C selama di suhu ruang.



Kerja melatonin bersama dengan vitamin C pada serum ini sebelumnya telah diteliti oleh para peneliti sebelumnya dan terbukti dapat membantu memutihkan dan mencerahkan wajah. Pada minggu kedua pemakaian, produksi melanin pada kulit, yaitu pigmen yang memberi warna gelap, mengalami penurunan sebesar 9,21%. Pada minggu keempat, produksi melanin pada kulit mengalami penurunan sebesar 23,46% yang ditunjukkan melalui diagram di bawah ini.

REVIEW
Serum ini aku pakai hanya tiap malam sebelum tidur mengingat melatonin bekerja pada kondisi gelap dan sekaligus mengusahakan supaya vitamin C yang sampai ke kulitku benar-benar dalam kondisi yang kualitasnya baik. First impression pemakaian, berasa basah dan becek ketika dipakai, sedikit lengket seperti yang aku bilang di awal, tapi masih light banget, awalnya terasa aneh dengan aroma vitamin C yang tiba-tiba berubah mirip logam, tapi lama kelamaan jadi terbiasa. Adaptasi memang selalu akan kita temui dimanapun ya, harus selalu survive gengs, hehe. 

Bangun tidur di pagi hari, biasanya kulitku akan memproduksi banyak mnyak terutama di T zone, tapi yang terjadi adalah kulitku lembab dan kadar minyak menjadi lebih sedikit. Aku biasa langsung mencuci muka setelah bangun karena terganggu sekali dengan minyak di muka. Tapi selama pakai serum ini, kadang aku minum air mineral dulu, bangunin suami dulu, ya intinya sih aku nyaman karena produksi minyak di kulitku nggak berlebihan.

Namanya perempuan kalau lihat cermin pasti mampir bentar ye kan? Ada suatu ketika di beberapa hari setelah pemakaian pada minggu pertama dan minggu kedua gitu, aku merasa wajahku jadi lebih bright dan fresh dibandingkan dengan sebelum aku memakai serum ini. Setelah dapet feel seperti itu, aku jadi lebih rajin pakai serumnya. Fyi, selama menjadi new mom ini aku agak kesulitan dalam memanage waktu, again aku harus bisa melalui ini semua dan sukses beradaptasi. Kesulitan itu juga termasuk dalam melakukan night care routineku, awal pakai serum ini biasanya 3-4 hari sekali aku pakai. Tapi semakin lama aku sudah bisa memakai setidaknya 2 hari sekali. Tapi per malam kemarin aku mulai rutin pakai tiap malam karena sudah mulai bisa memanage waktu lagi.

Tentang perubahan apa saja yang sudah terjadi di kulit aku, aku merasa kulitku menjadi lebih bright dan sehat. Produksi minyak di pagi hari juga lebih minim. Untuk klaim anti aging dan wrinkle, aku rasa 4 minggu saja belum cukup untuk aku mendapatkan hasil terbaik. Ayo semangat ber-skincare riaaaa~

Hasil di 1 dan 4 minggu setelah pemakaian
Selain mengurangi produksi melanin pada kulit, serum ini juga telah diteliti dapat mengurangi garis halus di area dahi. Berikut ini hasil penelitian yang ditunjukkan dalam diagram.


IS IT WORTH IT?
Secara personal, melihat tingginya tingkat profesionalitas dari brand ini dalam mengeluarkan serum vitamin C yang ditunjukkan melalui kemasannya yang super niat untuk menjaga kebaikan vitamin C di dalamnya. Desainnya yang elegan. Kombinasi bersama dengan melatonin dalam meningkatkan kualitas tidur yang berhubungan dengan mencegah penuaan dini. Melihat harga mungkin masih tergolong mahal, tapi dengan segala kualitas dan kuantitas yang diberikan oleh produk ini aku rasa bener-bener worth it to try.

VOLUME
25 gram

RATING
5/5

PRICE
Harga normal IDR 504.000
Harga Charis IDR 438.000

WHERE TO BUY?
Secara general kamu bisa beli produk ini di online store mana saja. Tapi kalau kamu anti ribet dan anti pusing buat nyari store mana yang trusted atau mau dukung aku biar terus semangat mereview produk, kamu bisa beli di hicharis.net/nadiahasyir. Belanja skincare dan makeup disitu kamu juga akan dapat harga diskon.

Baiklah mates, aku rasa cukup untuk ulasan aku kali ini. See you soon ya, bye.



2 comments:

  1. Haloo kak..aku lg baca review pemakaian 3act serum,, klo untuk kulit brminyak n berjerwt full muka bisa gk pake serum ini,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo dear, based on my experience. Kalau kamu lagi jerawatan baiknya disembuhin dulu jerawatnya. Krn setauku kalau pakai vit c hanya akan memperparah jerawat kamu. Btw, kalau kamu baca sampai selesai aku juga ngejelasin respon serum ini di kulit berminyak kok. 😉 Have a nice day yah.

      Delete