Follow Us @nadiahasyir


Sunday, May 15, 2022

BRUTALLY HONEST REVIEW: 14 HARI BERSAMA SKINCARE AVOSKIN (BUNDLE PARK HYUNG SIK PICK EXFOLIATING KIT)

Another month another skincare. Awal bulan Mei beberapa skincare aku habis, jadi aku memutuskan untuk coba Bundle Park Hyung Sik Pick dan dua skincare lain dari Avoskin. Setelah lebih kurang 14 hari memakai skincare am dan pm, seperti biasa pada kesempatan kali ini aku akan menceritakan my skin journey ke kamu. Kolaborasi Avoskin X PHS terdiri dari beberapa bundle dengan nama Park Hyung Sik Pick, ada: brightening kit, acne skin barrier kit, anti aging kit, exfoliating kit for dry skin, dan exfoliating kit for oily skin (yang aku coba). Berikut ini adalah list produk yang aku ulas di blog post kali ini.

• Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

• Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron

• Avoskin Bundle Park Hyung Sik Pick (Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment dan Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc)


Disclaimer! Opini aku ialah berdasarkan pengalaman pemakaian di kulitku dengan jenis kulit normal to oily yang belakangan mengalami dehidrasi. Apa yang cocok di aku belum tentu cocok di kamu, begitupula sebaliknya. Namun dari tulisan ini semoga memberi tambahan referensi untuk kamu yang sedang mencari skincare atau sedang akan membeli produk Avoskin tapi masih butuh beberapa pertimbangan. FYI, brand Avoskin mengusung Konsep Green & Clean Beauty, yaitu berkomitmen menyediakan varian produk yang sustainable-environmentally friendly packaging. Produk-produknya telah tersertifikasi oleh BPOM, tersertifikasi oleh PETA.org, cruelty free, not tested on animal, vegan, free of fragrance, colorants, dan allergic sensitizers. Period After Opening (PAO) dari keempat produknya sama, yaitu 12 bulan. Keep scrolling!


1. AVOSKIN NATURAL SUBLIME FACIAL CLEANSER

Deskripsi Produk. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser ini adalah pembersih wajah untuk semua jenis kulit yang memiliki klaim sebagai gentle facial cleanser dengan minimal ingredients. Hero ingredientsnya, yaitu: hyaluronic acid, marula oil kale extract, cactus extract, niacinamide, dan pentavitin. Beberapa manfaatnya adalah untuk: 1) membersihkan kotoran, debu, minyak, dan menghilangkan makeup; 2) melembabkan wajah; dan 3) mencerahkan kulit. Cleanser ini alcohol free, SLS free, paraben free, fragrance free, dan silicon free.

Deskripsi Kemasan. Produk dikemas dalam kemasan tube dilengkapi dengan alumunium foil sebagai segel dalam. Dilindungi dengan kemasan box (bersegel) berwarna hijau dan putih (kemasan utama produk: hijau). Memiliki volume 100ml atau 3,33 Oz.

Ingredients. Aqua, glycerin, cocamidopropyl betaine, lauramidopropyl hydroxysultaine, hydroxypropyl menthylcellulose, sodium cocoyl glycinate, disodium cocoyl glutamate, niacinamide, sodium chloride, polysorbate 20, coconut acid, sodium cocoate, citric acid, xanthan gum, pentylene glycol, butylene glycol, saccharide isomerate, sodium benzoate, Aloe barbadensis leaf extract, hydrolyzed vegetable protein, disodium EDTA, sodium bisulfite, Cereus grandiflorus flower extract, potassium sorbate, sodium hyaluronate, Sclerocarya birreaseedoil, leuconostoc/radish root ferment filtrate, Rosa damascena flower water, sodium citrate.

Cara Pemakaian. Tuangkan secukupnya hingga berbusa di kedua telapak tangan. Gunakan dan pijat di seluruh wajah. Hindari kontak dengan mata, bilas dengan air bersih.

Karakteristik. Berbentuk liquid, bertekstur gel, berwarna hijau bening, dan aroma yang light, tidak ada aroma wangi sesuai klaimnya fragrance free, sehingga yang tercium hanya aroma dari ingredientsnya.

Impression. Dibandingkan berbusa menurut aku teksturnya cenderung ke milky karena sangat sedikit muncul buih ketika aku usapkan pada kedua tangan. Ini membuktikan bahwa cleanser ini memang nggak ada SLSnya (kulitku sensitif sama SLS btw). Ketika diusapkan ke kulit wajah, terasa mampu membersihkan kulit dengan gentle. Tidak adanya fragrance membuat aku betah lama-lama memijat kulit wajah sembari membersihkan dengan perlahan (berasa self-lovenya hohoho). Tidak ada sensasi licin tapi juga tidak membuat kulit jadi kesat atau terasaketarik ketika dibilas, wajah jadi terasa bersih dari kotoran dan minyak tapi kelembaban wajah aku tetap terjaga. Aku punya kebiasaan ambil produk cleanser dalam jumlah besar, lebih besar dari biji jagung biasanya, tapi tiap pake cleanser ini aku ngerasa ukuran segitu tuh kebanyakan. Jadi di hari ketiga pemakaian aku mulai kurangin jumlahnya karena udah mulai terbiasa. Sampai sekarang masih nggak nyangka sebenernya, padahal ambilnya dikit, padahal nggak ngebentuk buih, tapi bisa bener-bener ngebersihin muka aku sesuai dengan deskripsi produk yang aku tulis di atas. Setiap selesai cuci muka, selain lembab tadi, wajah aku tentu jadi bersih dan cerah. Tapi walau sebenernya bersihin muka pake ini kulit kerasa lembab dan cerah, aku pribadi masih pakai rangkaian skincare lain.

Rating. 9,5/10

Price. IDR 119.000 (via Avoskin Official Shop di Shopee)

FYI untuk kemasan cleanser ini Avoskin menggunakan eco-friendly plastic dengan bahan-bahan yang sustainable berasal dari tebu. Avoskin menggunakan tebu yang merupakan limbah dari industri gula untuk dijadikan bahan dasar pada tube produk cleanser ini. Kamu akan notice jika melihat fotonya apalagi menyentuhkan secara langsung, I swear terasa berbeda dengan kemasan tube pada umumnya.


2. AVOSKIN YOUR SKIN BAE ULTIMATE HYALURON

Deskripsi Produk. Toner yang memiliki hero ingredients: marine collagen 5%, hyacross 2%, dan galactomyces dengan klaim produk, yaitu: bye dry skin, advanced moisturizer, unique, lovable. Beberapa manfaat yang dimilikinya adalah: 1) mampu meningkatkan hidrasi kulit; 2) mengurangi bekas jerawat; 3) mengurangi inflamasi; 4) mengurangi garis halusdan meningkatkan kekencangan kulit; 5) membuat kulit lebih sehat dan kenyal; 6) meningkatkan fungsi lapisan kulit terluar; dan 7) membantu meningkatkan tekstur kulit.

Deskripsi Kemasan. Toner dikemas dalam botol transparan berwarna mint dengan volume 100ml, dilengkapi dengan kemasan box berwarna mint (tersegel).

Ingredients. Water, propylene glycol, hydrolyzed collagen extract, glycerin, phenoxyenthanol, galactomyces ferment extract, chlorphenesin, disodium EDTA, xanthan gum, 1,2-hexanediol, pentylene glycol, sodium hyaluronate crosspolymer, citric acid.

Cara Pemakaian. Tuangkan ke kapas dan usap secara perlahan ke seluruh area wajah dan leher (pagi dan malam). Tidak perlu dibilas. Ikuti penggunaan serum favoritmu dan jangan lupa gunakan Avoskin The Great Shield untuk perlindungan ekstra di pagi hari.

Karakteristik. Berbentuk liquid (cair) dengan tekstur seperti air, berwarna bening dan tidak beraroma (tapi kalau kamu cium sampai deket banget nempel ke hidung akan kecium aroma natural ingredientsnya).

Impression. Pertama kali yang pengen aku bilang adalah aku suka karena Avoskin seserius itu dalam hal pemilihan kemasan. Walaupun kemasannya botol tanpa spray, teksturnya yang cairseperti air itu kalau diambil langsung ke tangan dan diaplikasikan ke wajah, nggak tumpah-tumpah seperti kebanyakan toner pada umumnya. Aku sih merasa walau cair tapi toner ini masih punya level viskositas (kekentalan) pada level tertentu. Ini yang menurut aku jadi poin plus, nggak mubadzir. Memang di cara pemakaian disarankan menggunakan kapas, tapi aku sendiri lebih nyaman diaplikasikan langsung tanpa kapas untuk hydrating toner seperti ini. Lalu kamu lihat dibagian mulut botol, lubangnya itu seperti disetting agar produknya nggak terlalu gampang tumpah, butuh digerak-gerakkan agar tiap tetesan toner bisa keluar (gile sih, jadi kita bener-bener bisa ambil secukupnya). Selama mengaplikasikan ke kulit, karena teksturnya cair jadi cepat meresap, terasa licin tapi hanya sangat sedikit, nggak greasy (berminyak) sama sekali. Beberapa menit setelah diapply, kulit terasa lembab dan terhidrasi dengan baik. Btw, dilihat dari klaim produk ada info bye dry skin, biasanya produk yang direkomendasikan untuk dry skin akan memberikan ekstra kelembaban, tapi selama dipakai di kulit normal to oilyku, aku nggak ngerasa kulit lebih cepat berminyak tuh, biasa aja. Sementara ini aku buat simpulan kalau kemungkinan kulit aku lagi di fase dehidrasi pas pakai toner ini.

Rating. 9,5/10 (kesempurnaan hanya milik Allah SWT. hehe.)

Price. IDR 149.000 (di Avoskin Official Shop)


3. AVOSKIN BUNDLE PARK HYUNG SIK PICK (EXFOLIATING KIT FOR OILY SKIN)

Bundling Avoskin X PHS untuk exfoliating kit ini terdiri dari 2 produk, yaitu: Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment dan Your Skin Bae Serum Salicylic Acid 2% + Zinc.

- AVOSKIN YOUR SKIN BAE GLOW CONCENTRATE TREATMENT

Deskripsi Produk. Avoskin Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment adalah skincare silky watery cream yang mengandung hero ingredients: 2% aqua ceramide, multi probiome, glycerine, sodium hyaluronate, dan hyaluronic acid. Beberapa manfaatnya adalah: 1) membantu memperkuat skin barrier, 2) menghidrasi kulit secara optimal, dan 3) menjaga kelembaban kulit dan tampak sehat.

Deskripsi Kemasan. Produk dikemas dalam jar mini dengan volume 15ml, dilengkapi kemasan box bersegel berwarna biru cenderung mint. Terdapat spatula mini dan penutup dalam lagi pada bagian dalam kemasan. 

Ingredients. (karena terlalu banyak, aku lampirkan foto ingredients dikemasan boxnya aja ya).

Cara Pemakaian. Pagi hari, oleskan ke wajah dan leher setelah menggunakan serum/essence favorit kamu. Malam hari, oleskan ke wajah dan leher sebelum tidur. Pijat kulit perlahan.

Karakteristik. Berbentuk cream dengan tekstur yang silky watery. Berwarna putih (seperti tajin aka air beras masak) dan tidak beraroma.

Impression. Berbeda dengan toner, sorry to say untuk kemasannya kali ini aku tidak cocok. Cream ini diaplikasikan di step terakhir skincare, sementara we knew each other tangan pasti udah licin kena produk sebelumnya. Ukuran cream ini kecil (mini), begitupula dengan spatulanya. Aku kesulitan untuk membuka tutup bagian dalam, lengkap sudah dengan spatulanya yang terlalu kecil, susah diambil. End-up aku ambil pakai tangan langsung produknya dan itu jelas produknya akan terkontaminasi oleh mikroorganisme yang mungkin lagi ada di tangan aku. Tapi masih dimaklumi karena mini size, jadi produknya cepat habis juga sih. Walaupun demikian kalau diberi kesempatan untuk memberi masukan, mungkin kemasan jenis pump jauh akan lebih cocok untuk tekstur produk yang seperti ini. Sementara pendapat aku tentang produknya, sebagai pemilik normal to oily skin tentu aku teramat sangat suka dengan produk ini karena berhasil melembabkan kulit aku tanpa memberikan efek berminyak walau sudah dipakai semalaman atau seharian. Karena teksturnya yang silky watery cream itu tadi loh. Dia mudah sekali meresap ke kulit dan ringan. Cara pakai skincare itu kan balik ke preferensi masing-masing yah, selain selalu pakai di final skincare step, aku juga pakai teknik langsung timpa tanpa tunggu skincare yang sebelumnya meresap (untuk jenis skincare yang watery based aja ya). So far kulit aku menunjukkan progress baik, skin barrier aku jadi lebih kuat, dan nggak pernah ada keluhan selama pakai produknya Avoskin satu ini bersama dengan ketiga produk lainnya.

Rating. 7/10 (perkara kemasan)

Price. IDR 95.000 (beli Bundling PHS Pick jadi cuma IDR 234.000)

- AVOSKIN YOUR SKIN BAE SALICYLIC ACID 2% + ZINC

Deskripsi Produk. Serum ini memiliki hero ingredients, yaitu: salicylic acid 2% dan zinc yang bermanfaat untuk: 1) membantu mengurangi komedo hitam dan komedo putih, 2) membantu melawan jerawat, 3) mengurangi kadar minyak berlebih, dan 4) mengangkat sel kulit mati.


Deskripsi Kemasan. Serum dikemas dalam kemasan botol pipet bening bervolume 30ml dan berwarna soft pink, dilengkapi kemasan box bersegel yang juga berwarna soft pink.

Ingredients. Water, glycerin, butylene glycol, salicylic acid, hydroxyethyl cellulose, biosaccharide gum-1, polysorbate-20, zinc PCA, sodium benzoate, dissodium EDTA, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf extract, tocopheryl acetate, sodium bisulfite, propylene glycol.

Cara Pemakaian. Oleskan beberapa tetes ke wajah di pagi dan malam hari. Pijat kulit secara perlahan.

Karakteristik. Bentuknya gel liquid dengan tekstur yang ringan. berwarna bening dengan partikel-partikel yang memberi kesan keruh. Terdapat aroma kurang menyenangkan (berasal dari active ingredients).

Impression. Meski aromanya kurang menyenangkan namun menurut aku masih dalam batas wajar. Ketika diaplikasikan ke kulit, terasa sensasi licin namun ringan, nggak butuh waktu lama produknya sudah terserap dengan baik ke kulit. Masih sama dengan produk sebelumnya, nggak greasy ketika diaplikasikan ke kulitku, nggak lengket juga. Btw, biasanya untuk exfoliating skincare pemakaiannya disarankan 2-3 kali dalam seminggu, untuk menghindari over exfoliating. Tapi selama aku pakai produk ini untuk pagi dan malam hampir setiap hari, kulit aku nggak apa-apa, malah nunjukkin hasil yang bagus. Jadi nggak mudah berjerawat dan produksi minyak di kulitku tidak banyak. Mungkin beda kali ya memang dengan formula produk salicylic acid lainnya yang biasanya ga bisa dipakai tiap hari. Exfoliating udah pasti mengangkat sel kulit mati, tapi selama pakai produk ini nggak sampai bikin kelihatan efek ngelupas atau perih sama sekali. Anw karena persentasenya 2%, produk ini masih bisa dipakai oleh ibu menyusui, based on scientific data yah. Tapi untuk ibu hamil belum boleh ya. 

Rating. 9/10

Price. IDR 139.000 (Beli Bundling PHS Pick jadi cuma IDR 234.000)

Honestly selama 14 hari ini aku memakai hanya 4 produk dari Avoskin sengaja untuk mencari tahu bagaimana skincare-skincare ini bekerja di kulit aku. Aku banyak merasakan manfaatnya mulai dari wajah yang terlihat lebih bersih dan cerah, tidak kusam, tidak muncul jerawat, membantu mempercepat penyembuhan jerawat aku yang udah ada sejak sebelum pakai, melembabkan kulit aku, juga menghidrasi dengan baik. Harusnya aku trial satu persatu dulu untuk berjaga-jaga andai nggak cocok sama produknya, aku jadi tahu produk yang mana yang bikin ga cocok. Tapi alhamdulillah aku sama sekali nggak ngerasain iritasi, gatal-gatal, atau semacamnya. Untuk whitehead dan blackhead aku ngerasa jadi nggakgampang muncul, cuma terakhir kali aku bercermin sebelum menyelesaikan tulisan ini, aku masih punya banyak blackhead yang belum hilang di bagian unjung hidung dan sebelah kanan hidung. Mungkin butuh waktu lebih lagi? Mengingat ini baru hari ke-14 dan produknya walau aku pakai 2x sehari selama 14 hari, masih banyak banget. Awet sekaliiiih.

Baiklah, aku rasa cukup untuk ulasan kali ini. Over all, I do so many respects untuk Avoskin karena sudah menciptakan produk yang selama ini aku impikan datang dari brand lokal. Rasanya seperti sedang memakai skincare korea. Kalau 4-6 tahun lalu aku masih harus order skincare dengan kualitas semacam ini secara online dari luar negeri, kena beacukai dan tunggu lama, kini nggak perlu ribet, Avoskin udah memprovide yang aku cari. Jika ingin tahu lebih detail tentang Avoskin, langsung visit ke Instagram @avoskinbeauty aja yak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa! Follow me on Instagram @nadiahasyir.


9 comments:

  1. Keren beb muka lebih cerah ya keliatan bgt befornya 😍

    ReplyDelete
  2. Pengen coba deh. Mana tau kinclong juga ni muka macem park hyung sik🤭

    ReplyDelete
  3. Aman ya beb buat bumil busui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa konsul ke dokter masing2 yaa bun, cmiiw untuk salicylic acid 2% + zinc serum, ngga boleh utk bumil, tp busui krn masih 2%. Cuma utk kepentingan safety, konsul dulu aja okee..

      Delete
  4. pengen coba ahh, biar kinclong

    ReplyDelete
  5. Waahh keren yaa, aku jadi penasaran pengen coba beli deh .. makasih rekomendasinya beb🥰

    ReplyDelete
  6. Jadi penasaran pengen coba avoskin

    ReplyDelete
  7. Butuh banget nih skincare yang bisa ngatasin jerawat dan bekas jerawat plus bikin cerah...jdi penasaran sma si avoskin

    ReplyDelete
  8. Produknya avoskin selalu mencuri perhatian gak sihhh

    ReplyDelete