Follow Us @nadiahasyir

Thursday, February 22, 2018

NGOPCAN #5 BEAUTIESQUAD: HOW TO WRITE A GOOD BEAUTY ARTICLE

Hulaaa gengs!
Selamat akhir bulan Februari.
Apa kabar? Alhamdulillah kita ketemu lagi di Ngopi Cantik Beautiesquad.
Ngopi Cantik Episode 5 kali ini adalah tentang,
"How to wrute a good beauty article!"

Gimana? Penasaran tips apa selanjutnya dari Beauty Blogger Guru untuk improving kualitas tulisan kamu di Blog? Simak yuk!



Ada yang spesial di Ngopi Cantik Beautiesquad kali ini. Berkolaborasi dengan Beauty Journal, pemateri kali ini adalah Kak Grisselda Nihardja (Instagram: @imgriss), Beauty Journal's Head Editor. 😚😚😚

Menulis dan memposting sebuah artikel pada sebuah blog pribadi bukanlah hal yang sulit. Aku, kamu, dia, dan semua orang pun aku rasa bisa melakukannya. Seperti yang aku lakukan saat ini adalah faktanya. Melihat kenyataan tersebut, kesimpulan yang aku bisa katakan, menjadi Beauty Content Creator di Blog juga termasuk hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Nah trus, kenapa ada Ngopi Cantik yang memberikan tips n trick kepada kami semua untuk menjadi Beauty Blogger? Katanya mudah?

Yep, yang tidak mudah adalah..
Menjadi Beauty Blogger, yang membuat Artikel Beauty Related (berikut kemudian disebut Konten) dengan Kualitas Tingkat Dewa!

Kenapa begitu? Of course!

You are what you write. Artikel kamu mencerminkan siapa dan bagaimana kualitas dirimu.

Then, how to write a good beauty article?
Beauty Artikel memiliki berbagai macam topik yang dapat digunakan sebagai pokok bahasan dalam sebuah artikel, seperti: Review Produk, MakeUp Favorites, Skincare Routine, MakeUp Tutorials, dan lain sebagainya. Diantara topik-topik tersebut, di dalam sebuah artikel yang dimuat dikatakan menarik jika sajian artikel terdiri dari tidak hanya verbal, tetapi juga visual. Singkatnya: Menarik!

Artikel yang bagus adalah yang berbobot, good looking, dan good reading. Namun kendala yang sering banyak ditemui oleh Beauty Blogger (terutama pemula) adalah mentok "mentok ide". Setiap Blogger pasti memiliki keinginan dan harapan yang sangat besar untuk tulisannya dibaca oleh banyak orang , bukan? Meningkatkan traffic dan views adalah tujuan Blogger untuk menghidupkan blog.

Hal paling utama yang sangat dibutuhkan saat mencari ide artikel adalah What's trending? Yep! Bahasan apa yaaa yang lagi trending? Apa-apa saja yang trending bisa dilihat dari social media seperti YouTube, Instagram, Twitter, dll. This is one of great source! Kita semua hidup di dunia dimana semua orang bertindak sebagai social media user.

Sumber kedua dalam menemukan ide berasal dari People arround us! Simpelnya, temen-temen di kampus pada ngegosip apa sih? Nah, daripada kamu nimbrung cuma ikutan ngegosip, gimana kalau bahan gosipan itu kamu jadikan ide kreatif untuk tulisan kamu. Tapi ngegosip yang bermanfaat aja yaa, jangan yang negatif, hehe. 

"This is what great people will do! Be different!" - Quote of Nadia Hasyir

Udah? Itu aja sumbernya? NO!
Masih ada dong, hehe..

Sumber lain yang bisa dipakai adalah Google Trends!
Whoaaa.. Penasaran nih!
Caranya?

"Walau nggak spesifik banget datanya (karena ini free), setidaknya kita ada gambaran apa sih yang lagi trending dan nongol disana", kata Kak Griss (sapaan Kak Grisselda Nihardja, Beauty Journal's Head Editor yang cantik ini).

By the way, kemarin Kak Griss memberikan contoh dengan produk Lipstick dan hasilnya bisa kamu lihat seperti ini.


Hasil yang muncul ada related topic dan quiries. Hasil yang muncul terkadang juga agak aneh. Tapi ada juga insight yang bisa kita ambil. Kita jadi tahu nama brand Lipstick lain yang belum pernah kita tahu sebelumnya yang lagi dicari banyak orang. Nah, bisa deh tuh sekalian bikin tulisan di Blog berupa First Impression terhadap produk itu. Keren kan?

Ide-ide artikel yang sudah tercatat di dalam otak dan pikiran sebaiknya ditulis ulang supaya nggak kelupaan. Ada berbagai macam metode penyimpanan ide-ide, bisa kamu tulis di notebook/planner, Microsoft Office, Google Docs, apapun lah. Aku pribadi masih prefer dengan menulis di notes khusus berkarya di dunia Social Media dan Internet sih (Notes Hitam dari acara YouTube Fanfest tahun lalu). Senyaman dan gimana kamu aja yang penting ide-ide itu jangan sampai lepas lagi.

Sumber ide udah dapet, giliran menulis artikel nih. Seperti yang aku bilang tadi, Beauty Article ada berbagai macam jenis/tipe dan setiap treatment yang kita lakukan dalam tiap tiap tipe artikel tersebut tentu berbeda. Misalkan Artikel yang mau ditulis tentang Review Produk, buat sedetail mungkin dan semenarik mungkin, mulai dari detail kemasan (warna, bahan, tulisan) hingga kualitas produk. Minimal kalau kamu males mention satu per satu deskripsi kalimat-kalimat yang tertulis pada produk, foto aja yang fokus.

Inget ya, 
VISUAL dan VERBAL!
Ada gambar, ada tulisan, tapi yang baik dan jelas. Jangan asal-asalan, hehe.
Cara menulis yang baik adalah berpedoman kepada ejaan Bahasa Indonesia, yang dijelasin di Ngopi Cantik Episode #4 kemarin bareng Teh Langit.

That's all, rangkuman aku untuk Ngopi Cantik kali ini.
I always admire Kak Virly dan Kak Vina dan sangat berterima kasih kepada mereka berikut Team Beautiesquad yang lain karena telah dengan semangat mencerdaskan aku dan teman-teman Beauty Blogger di dunia Blogging ini.

Masih banyak tips dan trick yang para Beauty Blogger punya untuk menghidupkan Blog dengan menulis artikel yang selalu lebih baik dari artikel sebelumnya. Kalau kamu tertarik untuk belajar bareng kami, visit dan follow Instagram Beautiesquad. I'm pretty sure, they are awesome!

Big thank's to Pemateri Kak Griss dan Beauty Journal.

Belum tau Beauty Journal? Platform tempat berbagai artikel dimuat, part of Sociolla project.
Kamu masih galau ga sih belanja online yang trusted dan sering ada promo dimana?
ya di Sociolla itu jawabannya. Aku sering dan suka banget belanja disana.
Aku juga pernah cerita belanja di Sociolla sebelumnya dan dapet apaan.


Cara visit Beauty Journal? Gampang!

Baiklah, segitu dulu ocehan aku, semoga bermanfaat!


Find me on:

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

No comments:

Post a Comment