Follow Us @nadiahasyir


Sunday, November 26, 2017

NGOPI CANTIK BEAUTIESQUAD101 VINA ESKA SPECIAL BIRTHDAY EPISODE BY NADIA HASYIR

Hi beauties!
Welcome to this beauty blog!
As I said before di blog post aku Birthday MakeUp Collaboration Special 1st Beautiesquad Anniversarry, satu diantara event yang diadakan oleh Beautiesquad untuk meramaikan birthday event yaitu Ngopi Cantik Beautiesquad dengan pemateri yaitu Vina Eska 😍 Anyway buat yang belum tau dan mau tau siapa itu Vina,
baca terus sampai akhir yaa nanti bakal aku kasih tau.. 💖


Bismillah.. Aku mulai ceritanya yaa, buat yang nggak suka yang agak serius mungkin bakal sedikit bosen bacanya karena aku tak pandai merangkai kata-kata eaakk. Tapi kalau kamu tertarik jadi bagian dari Beautiesquad kamu wajib baca ini dan hafal! Enggak deng! Canda! Wk!

1. Apa itu Beautiesquad?
Komunitas Beauty Blogger dari berbagai wilayah di Indonesia.

2. Tujuan dibentuk Beautiesquad?
Menemukan dan menyatukan para Beauty Blogger Indonesia (dalam komunitas ini) untuk belajar dan berkembang bersama dalam dunia per-beauty-an.

3. Kapan Beautiesquad berdiri?
Didirikan pada November tahun lalu, which mean acara kali ini adalah Beautiesquad First Anniversary

4. Bagaimana Beautiesquad terbentuk?
Bulan November tahun lalu, which mean 2016, Virly (founder utama Beautiesquad) beserta 2 founder lainnya, yaitu Nisa dan Liana membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Informasinya juga sempat di posting di grup Indonesia Beauty Blogger (IBB). Pertama kali didirikan dengan nama Beauties yang sekarang diganti menjadi Beautiesquad.

Sebagai bentuk penetapan komunitas Beautiesquad, pada tanggal 23 November 2016 Beautiesquad resmi terbentuk dan pada tanggal tersebut juga merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smokey Eyes. 

5. Visi dan Misi Beautiesquad
Visi:
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
 2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi:
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
 2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
 3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
 4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

6. Perjalanan Beautiesquad
BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang di awal pementukannya, mulai dari yang belum punya blog, yang tujuannya cuma ajakin chat doang, yang cumcartem alias cuma cari temen, dan masih banyak lagi tipe-tipe orang yang di rekrut oleh Beautiesquad meskipun bisa dibilang tidak memenuhi syarat untuk menjadi seorang Beauty Blogger. Hingga kemudian di tahun 2017, Beautiesquad mulai membatasi recruitment yaitu dengan membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.

Fast forward, BS pertama kalinya bekerjasama dengan brand Inez yang cukup menggemparkan dunia blogger saat itu. Banyak yang ingin bergabung dengan BS. Karena satu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki group FB sebagai media bagi Beauty Blogger Indonesia lainnya sehingga bisa berkembang bersama-sama.

Selama waktu berlangsung, BS mulai gencar bekerjasama dengan brand-brand lain baik dari kosmetik maupun skincare. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada member inti yang masuk di dalam grup WhatsApp, BS juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kalian tau strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collaboration secara berkala, dan memandu dan mengarahkan member BS yang ada di Grup Facebook agar sesuai standar blogger dan BS sendiri, sehingga bisa masuk sebagai member WhatsApp.

7. Reshuffle Selama 1 tahun Beautiesquad
Setelah melakukan musyarawah antara pengurus dan member inti Whatsapp, BS memutuskan untuk melakukan reshuffle kepengurusan kembali dan menghasilkan suara sebagai berikut:

a. Pergantian Nama
Pergantian nama Pengurus Beautiesquad menjadi Beautiesquad Officers. Mengapa pergantian nama terjadi? You have to know first that, the purpose of the name is do, not manage. Melaksanakan tugas sesuai visi dan misi BS kedepannya, bukan mengurus tugas.

b. Founder
Terdapat 3 orang yang merupakan founder dari BS, yaitu: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Adapun Main Founder of Beautiesquad adalah Virly KA. Tugas founder adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS. Tidak berhenti sampai disini, ketiganya memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.

Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas sesuai musyarawah kemarin, Beautiesquad memiliki Chief Officer baru yang jabatannya diisi oleh..

Vina Eska, Chief Officer baru, bertugas melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan menjalankan keputusan yang dibuat. Selain itu, dirinya juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger juga termasuk di dalam tugasnya.

Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations. Ada Lia Melqha (Lia), sebagai pengganti Vina Eska dalam jabatan supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. Officers yang bertanggung jawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas ketiganya selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dengan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Kemudian PR lah yang membantu Vina Eska dan founder memutuskan member Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp. Spoilernya nih, baek-baek dah sama mereka, 💗

Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight. Jangan menambah beban mereka dengan gak baca caption ya gaes, itu cakidh. 💔

Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab. Jadi kalau misalkan PJ Collab suruh edit caption atau beberapa bagian tertentu dari foto kalian itu bertujuan memudahkan PE untuk mengedit. Bukan bermaksud kasar, mengedit sesuai list itu gak gampang loh.

Program Beautiesquad yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make up collab, sponsored review, dan ngopi cantik. Kedepannya, sesuai dengan misi BS, BS mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Paling utama BS akan memaksimalkan stories di Intagram. Jadi BS memiliki planning membuat ngopi cantik versi mini setiap minggunya. Yang dibahas seputar dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over.

Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, kami memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO, baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.

Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya BS berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.

Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama-nama blogger, kami dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor.

Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena kami belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.

Fyi nya aja, penyaringan member BS dari grup Facebook satu yang terpenting dilihat dari keaktifan gengs! Keaktifan apa? Yang pasti adalah dalam memposting content beauty di blog masing-masing..

DONE!



Jadi gimana gengs? Mmmm,
Seru nggak nih Ngopi Cantik #3 Beautiesquad 101 kali ini?
Ternyata untuk jadi seorang Beauty Blogger nggak semudah yang kita lihat yaaa..
In my opinion aja yaa, banyak banget diantara beberapa orang yang aku temui sempet ngomong,
Enak yaaa, jadi Beauty Blogger dapet produk-produk dari Brand gitu..
Eitss, ternyata nggak cas cis cus loh.. Tapi aku ada saran sih buat kalian yang memang pengen jadi Beauty Blogger. Sebelum jadi Beauty Blogger, kamu harus sudah lolos struggling, jadi nggak ada tuh alasan atau tragedi beban hidup kamu berat harus blogging, reviewing, nanana.. Karena kamu udah expert di bidang ini..

Anyway, kamu yang lagi baca post ini sampai di kalimat ini, udah pada tau Nihonmart belom?
Nihonmat lagi ada voucher diskon 20% valid sampai tanggal 30 November 2017.
Nggak mau ketinggalan dong? Cus buruan visit www.nihonmart.com atau ke Instagramnya @nihonmart yakk!

Happy 1st Anniversary Beautiesquad! Semoga untuk ke depannya Beautiesquad berkembang, mencapai visi dan misi dengan lancar dan semakin sukses. Semoga segala hal tentang perjalanan Beautiesquad baik itu event collaboration, recruitment, dan lain-lain, sistemnya semakin berkembang lagi.. Yang hari ini via E-mail, mungkin tahun depan bisa via website. Intinya, semoga websitenya cepet terbentuk AAMIIIIIINNN... 💋


Find me on:

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

2 comments:

  1. Makasi udah nuliss~


    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Vin, makasih juga yaa udah nge-wadahin *elahh~ wk, beauty blogger lewat Beautiesquad :)

      Delete