Follow Us @nadiahasyir


Friday, July 27, 2018

[REVIEW] PEARL FACIAL KIT - VLCC INDONESIA BY NADIA HASYIR

Satu bulan terakhir ini kesibukan kayak nggak ada hentinya menghampiri. Ada aja kegiatan dan tugas yang harus diselesaikan. Mulai dari kerjaan bikin konten, penelitian tesis di kampus, sampai persiapan pernikahan. Satu per satu dilewati, Alhamdulillah I am officially being Mrs. Ainuzzzakki now 😍


Kalau ditanya lelah nggak dengan serangkaian acara pernikahan? Pastinya! Cara terjitu untuk mengembalikan semangat dan mengumpulkan energi untuk kembali melakukan aktifitas versi aku adalah me time. Selain nonton film, makan makanan enak, pacaran sama suami (hehe), memanjakan diri dengan facial juga menjadi kegiatan yang jadi favorit aku selama me time berlangsung. Berhubung sekarang lebih sering bareng dengan suami, pergi ke klinik kecantikan jadi mager bangettttt. Jadi, aku melakukan facial treatment di rumah dengan menggunakan produk dari VLCC Natural Sciences Pearl Facial Kit. Mau tau gimana cara mudah facial sendiri di rumah? Simak yuk!


Pada bulan Mei lalu aku mengulas produk skincare berupa cleansing milk dan rose water toner milik brand yang berasal dari India, yaitu VLCC Natural Sciences. Hari ini, aku akan mengulas produk lain yang mereka punya, yaitu Pearl Facial Kit. 

Sebelum aku mulai, mungkin kamu ingin tahu produk yang kemarin aku ulas, semua telah aku paparkan di YouTube dan Blog aku.


atau nonton review versi videonya di:


MENGENAL PEARL FACIAL KIT
Pearl facial kit (PFK) adalah jenis produk skincare facial untuk wajah milik VLCC Natural Sciences. Seperti namanya, produk ini terdiri atas beberapa jenis yang terdapat di dalam satu box khusus. Biasanya kita lebih mudah untuk menyebutkan dengan kata "sepaket". Fyi, kamu bisa melakukan facial di rumah dengan cara yang sangat mudah menggunakan facial kit ini loh cantik!

Bisa dibilang, PFK ini adalah inovasi terbaru bagi para wanita, khususnya yang memiliki keterbatasan waktu, dan nggak sempet untuk pergi ke klinik kecantikan atau salon buat melakukan treatment facial. Facial sendiri di rumah, why not? Hihi.

PFK terdiri dari 6 step facial yang berarti di dalam box juga terdiri dari 6 jenis produk. Manfaat yang diperoleh selama menggunakan produk PFK adalah:
  • Mendorong pergantian sel kulit dan menguatkan sel kulit.
  • Mencerahkan, meremajakan, dan meratakan warna kulit.
Penggunaan PFK dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Selain untuk mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat, dan meratakan warna permukaan kulit wajah juga dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk ini.

PACKAGING
Produk PFK yang terdiri atas 6 kemasan dengan fungsi yang berbeda ditemukan di dalam 1 box dengan warna yang sangat elegan. I'm not gonna explain twice disini tentang siapa VLCC dan deskripsi umum tentang VLCC karena semua sudah aku paparkan di review sebelumnya (cek ulasan sebelumnya). 

Kemasan PFK memiliki penampakan yang seperti ini untuk box. Terdiri dari beberapa keterangan produk dan panduan pemakaian produk.


Ada juga ingredients yang dipaparkan disisi lainnya.


ABOUT PRODUCTS
PFK terdiri dari 6 produk dan berikut ini detail tiap step dan penjelasannya. Disclaimer, berikut ini aku menunjukkan bentuk, tekstur, komposisi, dan cara pemakaian produk. Detail cara pengaplikasian produk aku paparkan dalam rupa visual yang bisa dilihat di channel YouTube aku (Klik disini untuk melihat: VLCC Natural Sciences Pearl Facial Kit by Nadia Hasyir)


Step-1 Comfrey Cleanser cum Toner
Produk ini memiliki keunikan formula, karena memiliki manfaat 2 in 1, yaitu berperan sebagai pembersih sekaligus penyegar. Produk ini mampu membersihkan wajah dengan sangat baik hingga ke dalam karena kandungan produknya kaya akan ekstrak comfrey dan Aloe vera. Selain itu, produk ini juga bekerja untuk meminimalisasi pori-pori. Seperti namanya, yaitu pre facial, produk ini digunakan pada step pertama sebelum facial dimulai.


Key Ingredients: 
Comfrey extract, wheat amino acids, Aloe vera juice, Allantoin, Dimethicone, Sodium hyaluronate, Hydroxyproline.

Ingredients:
Aqua, light liquid paraffin, capric caprylic triglyceride, steareth 21, propylene glycol, C 12-15 alkyl benzoate, glycerol stearate, peg 100 stearate, cyclopentasiloxane, dimethicone, steareth 2, emulsifying wax, wheat amino acids, Symphytum officinale (comfrey) leaf extract, Aloe vera gel, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate, sodium pca, hydroxyproline, glyceryl monostearate, sodium laureth sulphate, phenoxyethanol, triethanolamine, Acrylates copolymer, disodium EDTA, butylated hydroxy toluene, methyl paraben, isobutyl paraben, ethyl paraben, butylparaben, propylparaben, perfume.

Cara pemakaian: usap dengan gerakan melingkar dan bersihkan.

SCIENTIFIC FACT
Kandungan Aloe vera dan Symphytum officinale (comfrey) sebagai dua kandungan utama dari tanaman pada produk ini.

Surjhuse, et al. (2008) dalam artikel review jurnal yang berjudul Aloe vera: a short review melaporkan bahwa Aloe vera memiliki 75 komponen berupa senyawa kimia aktif yang potensial. Beberapa diantaranya adalah: vitamins, enzymes, minerals, sugars, lignin, saponins, salicylic acids and amino acids.
  1. Vitamins: Mengandung vitamin A (beta-karoten), C dan E, yang merupakan anti oksidan. Disamping itu juga mengandung vitamin B12, asam folat, dan kolin. Adapun anti oksidan bertindak menetralisasi supaya terbebas dari radikal bebas.
  2. Enzymes: Mengandung 8 enzymes: aliiase, alkaline phosphatase, amylase, bradykinase, carboxypeptidase, catalase, cellulase, lipase, dan peroxidase. Bradykinase membantu mereduksi excessive inflammation ketika diaplikasikan untuk kulit topically. Disamping itu, enzim yang lain membantu breakdown pada gula dan lemak.
  3. Minerals: Menyediakan kalsium, chromium, copper, selenium, magnesium, manganese, potassium, sodium dan zinc. They are essential for the proper functioning of various enzyme systems in different metabolic pathways and few are antioxidants.
  4. Sugars: It provides monosaccharides (glucose and fructose) and polysaccharides: (glucomannans/polymannose). These are derived from the mucilage layer of the plant and are known as mucopolysaccharides. The most prominent monosaccharide is mannose-6-phosphate, and the most common polysaccharides are called glucomannans [beta-(1,4)-acetylated mannan]. Acemannan, a prominent glucomannan has also been found. Recently, a glycoprotein with antiallergic properties, called alprogen and novel anti-inflammatory compound, C-glucosyl chromone, has been isolated from Aloe vera gel.
  5. Anthraquinones: It provides 12 anthraquinones, which are phenolic compounds traditionally known as laxatives. Aloin and emodin act as analgesics, antibacterials and antivirals.
  6. Fatty acids: It provides 4 plant steroids; cholesterol, campesterol, β-sisosterol and lupeol. All these have anti-inflammatory action and lupeol also possesses antiseptic and analgesic properties.
  7. Hormones: Auksin dan giberelin membantu wound healing dan berperan sebagai anti inflamasi.
  8. Others: Menyediakan 20 dari 22 asam amino yang dibutuhkan manusia dan 7 dari 8 asam amino esensial. Selain itu, kandungan asam salisilat berperan sebagai anti inflamasi dan anti bakteri. Lignin, sebuah inert substance, ketika included pada topical preparations, peningkatan efek penetrasi akan diberikan terhadap pemberian komposisi lain pada kulit. Saponin merupakan kandungan yang berperan dalam pembentukan busa sekitar 3% dari gel, membersihkan, dan sekaligus berperan sebagai antiseptik. 

Step-2 Pearl Powder

Produk berupa scrub yang kaya akan kandungan pearl, almond cake powder, dan vitamin B, berperan menghilangkan noda hitam dan mengeksfoliasi kulit. Bentuk dari produk ini adalah bubuk. Permasalahan munculnya komedo dan black patch dapat diatasi selama produk ini diaplikasikan di wajah. Terdapat reaksi enzimatis (yaitu aktifitas yang membutuhkan enzim selama proses berlangsung) untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati sampai tuntas.

Bersamaan dengan aktifitas senyawa yang terdapat di dalam produk, aktifitas selama massage wajah juga dapat mengoptimalkan pembersihan wajah terhadap komedo, sel kulit mati, dan jenis kotoran lainnya.


Ingredients:
Kaolin, zinc oxide, talcum, Curcuma longa (turmeric) extract, bentonite, titanium dioxide, Prunus amygdalus (almond) cake powder, Acacia arabica gum, pearl, oxide, sodium benzoate, methylparaben, propylparaben, lactic acid, tocopheryl acetate (vitamin E), triclosan, perfume.

Cara pemakaian: campurkan bubuk dengan susu, ratakan dan diamkan selama 1-2 menit. Usap perlahan dan bilas.

SCIENTIFIC FACT
Kandungan Curcuma longa (tumeric) extract diketahui memiliki aktifitas anti inflamasi, anti mikroba, anti oksidan, dan anti neoplastik. Protein yang berasal dari Pearl memiliki aktifitas antioksidan yang baik. Pada literatur lain dijelaskan bahwa bubuk pearl bertindak sebagai promotor dalam akumulasi kolagen. Terbentuknya kolagen dalam tubuh akan membantu menjaga kekencangan kulit dan menjadikan kulit lebih sehat. Kandungan zinc memiliki aktifitas antioksidan dan antibakteri yang sangat kuat.

Foto berikut ini adalah produk dari Step-3, 4, dan 5.



Step-3 Pearl Gel
Produk ini kaya akan Pearl bhasma dan Aloe vera yang membantu mem-breakdown sel kulit mati dan membantu meremajakan sel. Selain itu, penggunaan produk ini akan membuat kulit wajah menjadi terhidrasi dan terbentuk kulit sehat.

Ingredients:
Aqua, Aloe barbadensis (aloe) gel, pearl bhasma, Trigonella foenum-graecum (fenugreek) extract, Spirulina platensis (spirulina) powder, PVM/MA decadiene crosspolymer, PEG-50 hydrogenated castor oil, triethanolamine, benzophenone-4, octyl methoxycinnamate, alpha hydroxy acid, sodium benzoate, methylparaben, phenoxyethanol, perfume.

Cara pemakaian: usap perlahan pada kulit hingga meresap.

SCIENTIFIC FACTS
Komposisi yang berada pada urutan teratas setelah Aloe vera dan pearl bhasma adalah Trigonella foenun-graceum. Ekstrak ini sangat cocok digunakan untuk perawatan bagi pemilik kulit yang sangat sensitif. Selain memberikan efek penenang, ekstrak biji tanaman ini dapat digunakan untuk menghambat produksi minyak berlebih pada wajah dan digunakan sebagai eksfoliator alami.

Step-4 Pearl Cream
Ekstrak bubuk pearl oxide dan sandalwood memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit melalui proses peremajaan sel. Selain itu kandungan yang terdapat dalam produk ini mampu memberikan kelembaban dan membentuk complexion wajah yang tampak cerah.

Ingredients: 
Aqua, liquid paraffin, dimethicone, caprylic capric triglyceride, glycerol mono stearate, cetyl alcohol, glycerine, Terminalia bellirica (baheda) extract, Curcuma longa (tumeric) extract, glyceryl stearate, stearic acid, emulsifying wax, bees wax, octyl methyl cinnamate, Trigonella foenum-graceum (fenugreek) extract, Triticum vulgare (wheat germ) oil, polysorbate, triethanolamine, pearl oxide, carboner, phenoxyethanol, sodium benzoate, tocopheryl acetate (vitamin E), propylparaben, methylparaben, disodium EDTA, butylated hydroxytoluene, perfume.

Cara pemakaian: pijat lembut dengan gerakan ke atas selama 10-15 menit.

Step-5 Pearl Pack
Kandungan pearl oxide dan ekstrak tumeric berperan mencerahkan wajah dan membuat wajah menjadi glowing. Nah, kelebihan inilah yang tidak dapat dijanjikan oleh produk facial kit jenis lainnya.

Ingredients:
Aqua, kaolin, light liquid praffin, talcum, sorbitol, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, Curcuma longa (turmeric) extract, bentonite, glyceryl stearate, isopropyl myristate, zinc oxide, titanium dioxide, magnesium aluminium silicate, Prunus amygdaus (almond) oil, Acacia arabica gum, dimethicone, acrylate copolymer, magnesium carbonate, Vitis vinifera (grape) seed extract, emulsifying wax, phenoxyethanol, methylparaben, butylparaben, isobutylparaben, ethylparaben, propylparaben, xanthan gum, pearl oxide, polysorbate, disodium EDTA, tocopheryl acetate (vitamin E), imidazolidinyl urea, butylated hydroxytoluene, triclosan.

Cara pemakaian: diamkan selama 15-20 menit dan bilas.

Step-6 Oil Free Moisturizing Gel
Gel yang mengandung Aloe vera bersama dengan ekstrak tumbuhan lainnya dapat melembabkan kulit. Selain itu, komponen tersebut memiliki aktifitas anti alergi dan bersifat menyembuhkan beberapa permasalahan kulit yang disebabkan oleh alergi. Moisturizer ini memiliki SPF 15 dan PA+.


Ingredients:
Aqua, polysorbate-20, benzophenone-4, triethanolamine, glycerine, carbomer, PEG-12 dimethicone, D-panthenol (Pro vitamin B5), Aloe vera (aloe) extract, Cucumis sativus (cucumber) extract, Citrullus vulgaris (watermelon) extract, xanthan gum, phenoxyethanol, disodium EDTA, methylparaben, isobutylparaben, propylparaben, perfume, CI 47000.

Cara pemakaian: ratakan pada seluruh wajah, usap hingga meresap.

DETAIL TEKSTUR DAN BENTUK PRODUK


If you wanna know more about how I use those in to my face, bisa tonton step by step-nya di channel YouTube aku (klik disini).



HONEST OPINION FOR FIRST IMPRESSION
Wow! First thing first, I have to say, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan 6 kemasan dalam satu box dilakukan untuk 1x pemakaian. Tapi untuk aku pribadi ternyata produk ini terlalu banyak jika diaplikasikan sekali pakai di wajah aku, jadi aku membaginya menjadi 2x pemakaian.

Berikut ini adalah foto before dan after setelah aku menggunakan PFK dalam menemani kegiatan facial treatment sendiri di rumah.


Tampak lebih cerah bukan? Sekarang aku akan memaparkan tentang first impression selama penggunaan 6 produk yang ada di dalam box.
  • Cleanser and toner, seperti namanya produk yang berperan sebagai pembersih dan penyegar ini memberikan memberikan efek yang sesuai. Setelah pemakaian pada step ini, kulit menjadi lebih bersih dan segar. Didukung pula dengan adanya aroma yang sangat menenangkan dan wangi.
  • Scrub, sejujurnya agak bingung selama step ini. tekstur yang lebih seperti masker wash off ini digunakan untuk scrubbing. Jadi, pada step ini aku melarutkan produk ini dengan Rose Water Toner VLCC (kalau menurut panduan penggunaan, seharusnya disarankan menggunakan susu, nah karena di rumah lagi nggak ada, finally aku menggunakan RWT yang sudah aku pernah ulas tentang manfaatnya di artikel sebelumnya). Pada step ini kotoran dan sel kulit mati terangkat karena efek pijatan dan kandungan yang terdapat pada produk. Sedikit perih selama step ini, but ya kalau kamu udah biasa facial diklinik, perasaan cekit-cekit akan timbul sesaat. 
  • Gel, setelah wajah cekit-cekit karena efek scrub, gel ini selain beraroma wangi ternyata memiliki kandungan yang bersifat menenangkan. Rasanya dingin ketika di apply di wajah dan menenangkan wajah.
  • Cream, hampir sama dengan gel, kandungan yang ada di dalam produk ini memberikan efek penenang dan juga menutrisi. Perbedaannya, setelah aplikasi cream ini perlu dibilas.
  • Pack, pada step ini mulai berasa ckit-cekit lagi, hehe. Yah, cantik butuh pengorbanan memang hehe. Tapi hanya sesaat loh!
  • Moisturizer, efek melembabkan dapet banget! Selain itu, kulit wajah dan pH menjadi normal. Wajah jadi fresh dan ya, I am done! Yeay!!!

IS IT WORTH IT?
Banget! Kamu bisa merawat wajah kamu dengan facial sendiri di rumah menggunakan Pearl Facial Kit ini untuk mebantu mempercantik wajah kamu, hihi.

WHERE TO BUY?
Kamu bisa dapatkan produk VLCC ini di Shopee

PRICE?
Kalau aku cek di Shopee, harganya lebih kurang IDR 75.000. Wagilaakkkkk murcee kaan shaaayyy.

REPURCHASE?
Wait! Sepertinya VLCC punya produk facial kit lain nggak sih selain pearl? Gold, Diamond, Silver, Party Glow, Papaya, dan masih baaanyak sekali rangkaian yang bisa dicoba loh! Cek ke https://www.shopee.co.id/vlccindonesia langsung deh untuk tahu apa aja produk lain yang bisa dicoba, hihi.

FOR MORE INFORMATION ABOUT VLCC INDONESIA:
 Instagram: https://www.instagram.com/vlcc.id/
 Facebook: https://www.facebook.com/vlccindonesia/


Find me on:

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

11 comments:

  1. Cucok nih buat para wanita yang menghabiskan waktu dan tenaganya dihabiskan di rumah .Biar bisa facial sendiri di rumah ya kan. Rumah terurus tapi wajah tetap kinclong, 😁

    ReplyDelete
  2. Baru tahu Ada paket self facial sekomplit ini, racun bgt 👍!
    Btw, happy wedding yah walau trlat ucapinnya 💖

    ReplyDelete
  3. kak nadia rajin bgt siih udah bikin YT nya trs blognyaa.. aku udah ntn di YT dan baca blog nya jd tambah keracunan XD
    ntar klo skincare yg lain udah habis mungkin bakal coba si VLCC ini XD

    ReplyDelete
  4. Wah packaging cleansernya lucu yah unik pula karna berfungsi sebagai toner jg

    ReplyDelete
  5. Baru pertama kali ini dengar tentang VLCC ini nad. Yang Pearl Powder nya kayaknya oke nih ya^^

    ReplyDelete
  6. wah baru tau ada brand ini, aku kok kepo sama scrubnya ya hahaha

    ReplyDelete
  7. Wah mantap bgt paketannya lengkap murcee lagi

    ReplyDelete
  8. Baru pertama kali ini dengar produk ini. Btw, suka liat postingan kk. Review nya lengkap bangett.

    ReplyDelete
  9. Waaaah jadi praktis ya beb bisa facial dirumah, ga perlu ke klinik lagi 😍😍😍

    ReplyDelete
  10. Penasaran dgn cleaner cum toner, soalnya pembersih skaligus penyegar.

    ReplyDelete
  11. Lengkap juga ya dia 1 set nya. Nyenengin kl lengkap begini

    ReplyDelete