Follow Us @nadiahasyir

Wednesday, June 28, 2017

DIY Setting Spray dengan Produk VIVA Cosmetics

Hai gaiiiss. Welcome!
Di posting an aku kali ini, yass as you can see from the title. Aku akan kasih tahu kamu cara bikin Setting Spray sendiri.
Seperti biasa kalau males baca, langsung klik link di bawah ini aja di youtube channel aku. Bagi yang mau lanjut baca, scroll down ya siss..

https://youtu.be/jTL1u6So0Zo

Jadii.. Bahan yang dibutuhkan adalah:
1. Viva Rose Water - Rp 4.000,00
2. Air Mineral
3. Botol Sprayer

Cara pembuatan:
1. Cuci bersih botol sprayer, misal kamu pakai botol bekas parfum yaa..
2. Tuang viva rose water dan air mineral ke dalam botol dengan perbandingan 1:3. Jadii. Misal botol kamu adalah botol untuk 100ml, maka rose water yang kamu pakai adalah 250ml dan air mineral 750ml..
3. Jangan lupa tutup botol sprayer nya biar ngga tumpah hehee..

Selesai dehh.. Simpel kan?

Jadii kenapa aku bikin DIY Setting Spray?
As you have known, harga setting spray mahal cin.. Wkwk. Selain itu, cara penggunaannya yang cukup banyak bikin Setting Spray cepet habis di aku. Then, I searched memungkinkan nggak sih kalau kita buat Setting Spray sendiri.. Dan aku menemukannya...

Kebanyakan dari DIY Setting Spray yang aku temukan di artikel dan video youtube, selain menggunakan rose water juga menggunakan vegetables glycerine. Tapii, kalau kamu nonton video aku di youtube, aku paling males sama yang susah nyari (sebenernya mudah di cari, cuma kalau untuk tips dan beberapa dari kalian mungkin aja nggak tahu atau belum tahu, aku nggak suka aja nanti malah bikin kalian bingumg nyari bahan vegetables gliserin. Iya kalau kamu tipe yang kaya aku nyari2 sendiri, kalau sampai ngerepotin orang tua atau kakak, nanti jadinya malah nggak DIY dan aku menghindari hal itu hehe.. Mohon pengertiannya ya gais wkwk). Jadi aku browsing lagi dan menemukan bahwa rose water bisa dipakai untuk DIY Setting Spray. Tapii, karena artikel DIY Setting Spray dari rose water jauh lebih sedikit dari Vegetable Gliserin, akhirnya aku melakukan studi pribadi (elaahh bahasa lo).

Yapp.. Berdasarkan pada, aku sering baca baca ingredients suatu produk. Kalian suka gitu nggak sih? Jadi, bahan yang paling banyak ada di produk itu disebutkan di bagian paling depan. Misal kamu lihat mie instan, pertama yang disebutkan adalah tepung, jadi bahan utama produk itu adalah tepung.

Back to setting spray, aku nggak sengaja nemu Setting Spray aku dari pixy. Aku baca ingredients dari pixy aqua beauty spray, disitu ingredients utama adalah air dan diikiuti dengan butylene glycol, dan bahan-bahan lain.. Nah aku berasumsi bahwa fungsi dari aqua beauty dari pixy ini berfungsi dengan sebagai mana mestinya adalah karena kandungan utamanya ini..

Dan, ketika aku lihat ingredients dari VIVA ROSE WATER, aku lihat disana ada Propylene Glycol.

Kemudian aku tahu, butylene glycol dan propylene glycol adalah senyawa turunan dari GLYCOL. Karena masih satu asal, jadi aku menjadi lebih yakin rose water bisa untuk DIY aku..

Cumaa!!! Aku nggak recommend kamu pakai bahan aktif lain yang bukan produk kosmetik rose water loh ya. Tentang asumsi aku diatas itu nggak ada dasarnya, hanya logikaku aja untuk meyakinkan diriku kenapa Rose water bisa dipakai setting spray.

Jadi jangan coba2 kalau ada senyawa turunan dari GLYCOL trus kamu cobain buat Setting Spray itu SALAH!

Dan, karena aku sotoy wkwk. Alangkah lebih baiknya kamu tanya ke temen kamu anak kimia. Atau kalau kamu anak kimia yang lagi baca tulisan ini, aku akan seneng banget kalau kamu sharing di kolom komentar tentang butylene Glycol dan propylene glycol ini. Hehe..

Oke, segitu dulu posting an aku kali ini. Semoga bermanfaat.

Let's spread knowledge with love,

See you on my next post,
Thank you for reading this.

Xoxo,
Nadia

1 comment:

  1. kak nad, aku juga pernah baca vegetables glycerine bisa diganti sama aloe gel

    ReplyDelete