Follow Us @nadiahasyir


Saturday, December 8, 2018

[REVIEW] PAC (PROFESSIONAL ARTIST COSMETICS) MARTHA TILAAR PRODUCTS | BAHASA INDONESIA | NADIA HASYIR

Hallo, liburan akhir tahun semakin dekat. Resolusi apa saja nih yang sudah kamu capai? Aku pribadi termasuk orang yang suka membuat resolusi. Beberapa diantara resolusi yang aku buat satu diantaranya adalah dalam dunia kecantikan. Aku ingin mengkoleksi dan mencoba lebih banyak lagi produk kosmetik. Aku mendapat kesempatan untuk mencoba produk kosmetik dari PAC, brand kosmetik yang juga berada di bawah naungan MARTHA TILAAR, tapi dengan kualitas yang lebih bagus dan termasuk ke dalam produk high-end. Seperti judulnya, kali ini aku akan mengulas semua produk dari PAC yang aku punya. Mau tau seperti apa kesanu terhadap PAC? Simak yuk!




TENTANG PAC
Seperti yang telah aku sebutkan di atas bahwa PAC adalah brand kosmetik yang berada di bawah naungan MARTHA TILAAR. Brand PAC adalah singkatan dari Professional Artist Cosmetics yang menunjukkan bahwa produk-produknya tergolong profesional makeup. Martha Tilaar mengeluarkan kosmetik dengan karakteristik seperti Luxury, Premium, dan High-end product melalui brand PAC ini. Brand PAC adalah kosmetik Indonesia yang siap terjun bersaing dengan antar negara sehingga termasuk ke dalam International Cosmetics. Kalau dilihat dari desain kemasan produk, it showed full of confident, bold and expressive looks!

Fyi, semua produk dari PAC ini, kalau dalam bahasa daerah jawa, sangat mumpuni, layak dipakai sebagai makeup products untuk eksklusif event panggung, sehingga dia dapat disebut juga dengan stage makeup. Nggak berhenti sampai disitu, profesionalitas brand PAC ini meningkat dengan adanya informasi bahwa PAC merupakan halal cosmetics.

Sebelum aku masuk ke review produk, aku mau bilang kalau keunggulan dari PAC yang perlu kamu tahu adalah produksi kosmetik PAC telah melalui uji dermatologi dan no animal testing. Nah, info yang bermanfaat banget kan buat kamu yang agak worry tentang asal muasal produk kosmetik. Introduction sepertinya udah cukup, kita masuk ke produknya yuk!

...***...

PAC LIQUID FOUNDATION

RATING: 5/5
PRICE: IDR 160.000
VOLUME: 30 ml


Pertama aku akan mengenalkan kemasan produk secara singkat. Foundation dikemas dalam kemasan tube berbahan kaca yang blur sepertinya dan warna yang transparan sehingga warna produknya tampak dari luar. Terdapat logo PAC dan beberapa informasi produk lainnya. Kemasan dilengkapi dengan penutup berwarna silver dengan ujung atas berwarna putih yang merupakan tempat produk keluar. Cara mengeluarkan produknya simpel tinggal dipencet dan ada lock untuk mengunci kemasan supaya tidak mudah tumpah. Menurut aku kemasan yang seperti ini sangat praktis dan higienis. Sayangnya kemasan kacanya bikin aku yang urakan jadi nggak bisa semena-mena sama foundation ini (takut pecah cuy, hiks :'D). Foundation ini dilengkapi dengan kemasan box berwarna hitam yang bikin produknya semakin aman!



Meskipun namanya liquid foundation, aku rasa foundation ini memiliki tekstur yang liquid to creamy yang sangat ringan, sebut saja teksturnya medium. Karena menurutku tidak seliquid itu. Aku cenderung suka dengan foundation yang memiliki tekstur seperti ini karena mudah diaplikasikan, tidak mudah meluber karena tidak terlalu liquid dan tidak juga membuatnya susah diblend dan dempul karena tidak bertekstur sangat creamy. Klaim produk yang tertera di kemasan seperti menutupi bintik-bintik dan imperfection dengan menghasilkan wajah yang soft dan smooth bisa dipertanggung jawabkan.


Menurut aku, foundation dengan volume 30 ml ini memiliki extra coverage, yang berarti medium to coverage. Wajah jadi super kinclong berasa nggak punya bintik hitam.  Aku lumayan sering menggunakan foundation ini untuk daily look dan hasilnya bagus, no cracky, long lasting, dan menghasilkan ultra HD makeup, apalagi kalau diaplikasikan bareng powdernya (nanti aku kasih tau seperti apa bagusnya powder punya PAC).

Sudah lihat kan bagaimana foundation ini bisa menutupi semua imperfection yang ada di wajah aku dari foto di atas? Hasil pemakaian di muka menurut aku dia jadi sedikit membuat wajahku menjadi satin finish, but I like it. Aku belum bilang ya shade foundation apa yang aku bahas dari tadi? Aku memakain PAC All Day Coverage dengan shade C 03 dan menurut aku ini shade yang sangat tepat untuk warna kulit aku dan sebagai pemilik warm tone. Fyi mereka punya 4 shades, yaitu 01, 02, 03, dan 04. Foundation PAC memiliki kandungan anti oksidan, moisturizer, sunscreen agent, dan chamomile oil. Sebelum dikeluarkan dari kemasan, sebaiknya dikocok terlebih dahulu. Tenang, kamu nggak akan lupa karena di kemasan produknya juga ada anjuran untuk mengkocok foundation ini terlebih dahulu.

PROS
  • Coveragenya medium (suka banget)
  • Teksturnya medium (suka juga)
  • Mudah diaplikasikan dengan brush atau sponge
  • Longlasting
  • Warnanya cocok banget di aku
  • Harganya affordable buat ukuran foundation berkualitas kece beut
CONS
  • Kemasannya kurang menarik

...***...

PAC LOOSE POWDER

RATING: 4/5
PRICE: IDR 176.000
VOLUME: 25 gram



Dari beberapa produk PAC, yang bikin mata tertuju pertama kali adalah kemasan loose powdernya setelah ku buka dari kemasan box. Gimana enggak? Loose powdernya dikemas dalam kemasan kotak, yang mirip cushion, well meskipun cushion biasanya bulat tapi bener deh kemasannya gede banget. Setelah aku buka, ternyata bener sesuai nama yang tercantum di kemasan, loose powder hehe. Loose powder dengan berat 25 gram ini dikemas dalam kemasan berwarna hitam dan di bagian dalamnya ada puff. Ada segel yang ada diantara puff dan isi produk ketika produknya masih baru.


Loose powder yang aku punya memiliki shade 03 dan ternyata setelah aku pakai sekali, hasilnya lumayan bikin kelihatan gelap. Aku mengulangi beberapa kali pemakaian untuk memastikan warna yang keluar karena warna foundation 03 di kulit aku sangat cocok. Setelah beberapa kali dipakai, ternyata tetap saja warna 03 untuk loose powdernya masih terlalu gelap untuk aku. Pilihan shade loose powder ini ada 5, yaitu 01, 02, 03, 04, dan 05 (sepertinya nomor 2 bisa jadi pilihan tepat nih buat aku). Klaim produk yang tercantum di kemasan seperti loose powder transparan aku kurang setuju karena to be honest produk ini juga ikut kasih warna ke muka aku, tapi itu nggak berarti produknya jelek, malah bagus loh menurut aku. Klaim menahan minyak di wajah dan menghasilkan hasil riasan yang matte aku setuju banget dan sudah membuktikannya sendiri, lihat foto aku di bawah ini deh!

Produk ini mengandung pelembab, anti oksidan, dan sunscreen agent yang berfungsi melindungi wajah. Jelas aja meskipun hasilnya matte tapi nggak bikin kering dan tetap berasa moist.

PROS
  • Finishnya matte
  • Tahan lama
  • Mudah diaplikasikan
CONS
  • Kemasannya agak aneh, hehe
...***...

PAC INTENSE COLOR EYESHADOW PENCIL

RATING: 4/5
PRICE: IDR 199.000
VOLUME: 2.98 gram





Eyeshadow dengan jenis pensil ini memiliki dua sisi, sisi yang satu berwarna hitam dan sisi lainnya berwarna coklat gold, sebutan shade untuk produk dengan warna tersebut adalah glamour black. Impression aku tentang kemasan produknya cantik banget. Ini nih baru kelihatan produk mahal, hehe. Bahan pensilnya dari kayu, jadi kalau produknya habis bisa diraut. Tiap sisinya punya tutup berwarna bening sehingga safety dan warna produknya tampak dari luar.



Warna hitam pada eyeshadow ini menghasilkan warna yang matte, pigmented, dan padat. Warna gold pada eyeshadow ini menghasilkan warna yang shimmer. Kalau dilihat dari klaimnya, produk ini bisa menghasilkan makeup yang ekspresif dan dramatis. Warna hitamnya bisa dipakai sebagai eyeliner dan warna goldnya bisa dipakai sebagai eyeshadow base. Well, ini adalah akal-akalan aku aja sih untuk saran penggunaan ini, tapi basically they just said both of the eyeshadows can use as eyeliner and shadow base. 

Hasil makeup mataku kelihatan banget selama memaiaki produk ini yang artinya dia sangat pigmented, goldnya mudah diblend tapi untuk warna hitam aku pikir dia lebih keras dan cepat nge-set di kelopak mata. Aku suka eyeshadow ini karena sifatnya yang waterproof, smudgeproof, dan long lasting. Eits, anyway mereka ada 8 pilihan warna loh! Satu yang agak bikin kurang nyaman adalah karena teksturnya yang cukup creamy membuat produk ini mudah patah, it looks like gagang atau kayunya terlalu kuat untuk isi produk dengan tekstur se-creamy ini.

PROS
  • Warnanya cantik
  • Pigmented
  • Mudah diaplikasikan dan diblend
  • Kemasannya mewah
CONS
  • Produknya mudah patah
...***...

PAC EYELINER WHITE

RATING: 4.5/5
PRICE: IDR 105.000
VOLUME: 1,05 gram


Eyeliner putih ini memiliki bentuk seperti pensil yang berwarna putih. Produk ini nggak ada kemasan boxnya tapi diikat dengan satu lembar kertas (lihat foto pertama yang ada di atas). Bagian ujung produknya ada penutup sebagai product safety. Warnanya putih matte dan sangat pigmented. Aku suka menggunakan produk ini untuk waterline bawah aku, warna untuk bagian tersebut sangat membantu untuk membuat efek mata sipitku terlihat lebih lebar dan tegas. Satu hal yang aku suka lagi tentang produk ini adalah mudah diaplikasikan dan lembut. 

Anyway, aku ada tips nih tentang cara pakai produknya. Gunakan pada garis mata dari luar dan kedalam (semakin ke dalam semakin tipis). Semoga membantu yaaa..

PROS
  • Pigmented
  • Mudah diaplikasikan
  • Ada tutupnya yang bikin sangat safety
CONS
  • Bentuk pensil yang lumayan tajam agak bikin serem gitu sih waktu applynya, mungkin akan lebih bagus jika diameternya lebih besar.
...***...

PAC DISTRICT-X EYESHADOW

RATING: 4.5/5
PRICE: IDR 121.000
VOLUME: 4 gram



Kemasan luarnya keren banget aku suka, box dengan gambar yang lumayan rame tapi tetep kece. Waktu lihat kemasan dalamnya, aku berpikir produk dengan kemasan jenis ini adalah refill. Ternyata dugaanku bener dong. Ternyata PAC punya seri eyeshadow palette yang bisa diisi sesuka hati dengan shade eyeshadow jenis apapun dari PAC (tergantung kecocokannya ya). Aku tahu ini dari Insta Story salah satu teman baik aku (blogger juga btw). Nah, aku punya 2 shade (Ladies night for blue dan V for Violet for purple), anyway mereka punya 10 pilihan warna.


Fyi, eyeshadow jenis ini diketahui mengandung anti oksidan dan sunscreen agent, mudah diaplikasikan untuk pemula dan dapat mendapatkan hasil akhir dengan intense makeup, namun terlihat lembut serta mudah dibaur. Tahan lama, bahkan di perubahan suhu yang extreme. Bisa digunakan untuk eyeliner atau under eye. Meskipun mempunyai pigmented formula dan blendable, honestly aku kurang suka dengan teksturnya yang menurut aku sangat powdery. Jadi bisa dibilang produk PAC eyeshadow aku lebih cinta ke eyeshadow pencil yang udah aku jelasin di atas. Point plusnya lagi, eyeshadow ini hampir nggak ada falloutnya, waterproof, dan longlasting formula, wow nggak tuh!

PROS
  • Warnanya pigmented
  • Mudah dibaurkan
  • Kemasan boxnya lucu
  • Kalau punya palettenya, kamu bisa combine sesuka hari shade yang mana yang mau kamu letakkan di palette kamu.
CONS
  • Terlalu powdery (oke ini subjektif)
  • Kalau nggak punya palettenya, wassalam hehe.

...***...

PAC MASCARA

RATING: 4.5/5
PRICE: IDR 159.000
VOLUME: 9 gram




Mascara dari PAC ini juga dikemas dalam kemasan box, kemasan produknya menurut aku biasa aja dan karakter desain tampilannya masih sama dengan produk yang lainnya. Seperti pada umumnya mascara mereka punya kemasan produk berupa tube yang tutupnya bisa dipakai sebagai pemegang aplikator ketika akan menggunakan produk ini.

Setelah dipakai beberapa kali, aku mendapati hasil mascaranya cepet kering setelah diaplikasikan dan long lasting. Bulu mata aku menjadi lebih panjang dari ukuran awal tapi untuk volume tidak terlalu menebal sih. It makes the product okay karena aku nggak terlalu suka mascara yang suka bikin beleber.

...***...

PAC SATIN LIP CREAM

RATING: 3.5/5
PRICE: IDR 110.000
VOLUME: 3 gram


Kalau banyak brand bersaing mempunyai produk lip cream dengan hasil yang matte, PAC menyebrangi jalur dengan membuat lip cream yang memiliki hasil satin finish. Jadi point plus menurut aku. Dikemas dalam tube lip cream seperti paa umumnya, bagian tutup berwarna hitam dan bagian kemasan produk berbahan doff dan berwarna bening sehingga warna produknya tampak dari luar. Ada logo PAC yang terdapat di kemasannya guys. Anyway, produk ini juga dilengkapi dengan kemasan box.

Aku punya 2 shades untuk produk ini yaitu 01 Silk Cherry dan 03 Misty Chocolate. Ini adalah shade yang saling bertentangan. Warna 01 Silk Cherry menghasilkan finish yang sangat bold dan menyala, sangat pigmented. Sedangkan 03 Misty Chocolate lumayan pucat untuk bibir aku. Hal yang menarik adalah kedua warna ini bisa saling melengkapi untuk mendapatkan finish ombre lips.


Lip cream yang memiliki berat 3 gram ini punya tekstur yang ringan atau ada weightless sensation sesuai dengan klaimnya dan dapat menjaga bibir supaya tetap halus. Aku setuju dengan kalimatku ini. Ternyata setelah aku baca klaim produknya, mereka mempunyai kandungan UV protection, anti oksidan, dan bisabolol untuk melindungi bibir dari iritasi dan pengaruh buruk sinar matahari. Selama aku mengaplikasikan satin matte lip cream ini dengan mengaplikasikan lip balm terlebih dulu, aku bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus selama ngeswatch di bibir. Aku pernah menggunakan produk ini tanpa lip balm di awal dan hasilnya selama di apply aku agak merasa produk ini ada powdery sensation yang agak sedikit mengganggu, aplikatornya berasa kasar dan geli di bibir.


WHERE TO BUY?
Kamu bisa beli produk ini di counter terdekat yang ada di kota kamu, bisa juga beli di market place dan kalau mau tau info lebih lanjut tentang produk dari PAC kamu bisa visit ke http://pacbeauty.com loh atau visit ke PAC FACEBOOK.

Another PAC's social media:
Twitter: https://twitter.com/PAC_MT
Instagram: https://www.instagram.com/pac_mt

Anyway, postingan ini adalah bentuk kerjasama dari PAC dan Beautiesquad. Sebelumnya aku pernah membuat makeup look dengan menggunakan semua produk dari PAC (Baca juga: 2 looks in a face).

Ini adalah hasil makeup aku dengan menggunakan semua produk dari PAC. Tutorialnya klik yang ada di atas tulisan ini yak..


...***...

 Thank you for reading and see you next time! XOXO


Find me on:

Business Inquiries:
nadiaanisahtahani@gmail.com

No comments:

Post a Comment